Podcast Jadi Straight News? Begini Jawaban Om Joy



TintaSiyasi.com-- Berbicara soal berita lugas (straight news), Jurnalis Joko Prasetyo menyatakan podcast boleh dijadikan straight news.

“Karena podcast itu termasuk suara yang merupakan bahan yang dikumpulkan oleh jurnalis untuk diolah. Suara ini termasuk hasil wawancara. Suara dari studi pustaka juga bisa. Jadi, kita nemu bahan bentuknya podcast, bisa buat SN (straight news) kita,” tutur Om Joy sapaan akrabnya, Selasa (02/02) di Whatsapp Group Coaching with Om Joy.

“Setelah mencari (dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan partisipasi) lalu diapain? Ya, dikumpulkan. Mengumpulkannya dalam bentuk apa saja? Bisa dalam bentuk suara atau rekaman. Podcast itu termasuk rekaman suara,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, SN merupakan salah satu bentuk sajian dari produk jurnalistik. Ia menjelaskan, jurnalistik merupakan seni mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan informasi kepada khalayak secara serentak dengan indah.

“Bagaimana cara untuk mencarinya? Mencarinya setidaknya ada empat cara,” jelasnya.

Ia menyebutkan empat cara mencari informasi untuk membuat SN, yaitu dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan partisipasi. Ia menjelaskan, observasi berarti datang ke lapangan untuk mendapatkan informasi di lapangan. 

Sedangkan wawancara, menurutnya, bisa dilakukan dengan saksi mata dan para ahli atau pakar terkait. "Studi pustaka dengan membaca berita-berita terkait, menonton video, mendengarkan suara, melihat foto-foto yang sudah tersedia sebelum peliputan. Partisipasi adalah keikutsertaan jurnalis dalam kejadian," pungkasnya.[] Reni Yuli 

Posting Komentar

0 Komentar