Penguasa, Aturan dan Relasinya dengan Suara Rakyat (Perbandingan Tiga Ideologi Dunia dan di Mana Posisi Pancasila?)


TintaSiyasi.com-- Di dunia ini ada tiga ideologi besar yakni komunisme, kapitalisme dan Islam. Di Indonesia, ada pihak yang mengatakan Indonesia menerapkan 'ideologi' Pancasila. 

Bila dilihat dari (a) aturan siapa yang diterapkan penguasa dan (b) relasinya dengan suara rakyat yang menginginkan penerapan syariat Islam secara kaffah, berikut perbandingannya. 


Akidah:

1. Komunisme lahir dari akidah ateis. 
2. Kapitalisme lahir dari akidah sekuler.
3. Islam lahir dari akidah Islam.
4. Pancasila lahir dari akidah apa?


Sistem Pemerintahan

1. Sistem pemerintahan dari ideologi komunisme diktator.

a. Meski terkadang mengaku demokratis, penguasa menerapkan aturan yang dibuatnya sendiri alias diktator. 

b. Rakyat yang mengkritik kezaliman penguasa diberangus bila penguasa ingin memberangusnya. Suka-suka penguasalah, dengan kata lain diktator. Apalagi rakyat menuntut diterapkannya syariat Islam, mesti dibabat habis.


2. Sistem pemerintahan dari ideologi kapitalisme demokrasi

a. Penguasa menerapkan aturan yang dibuat rakyat. Begitulah ngakunya, meski secara praktik aturan para kapitalis yang diterapkan.

b. Rakyat diperbolehkan mengkritik penguasa bila penguasa menyimpang dari poin a. Tapi bila rakyat ingin menerapkan syariat Islam secara kaffah, pastilah diberangus karena dianggap mengganggu kepentingan para kapitalis.   


3. Sistem pemerintahan dari ideologi Islam khilafah.

a. Penguasa menerapkan aturan yang bersumber dari sumber hukum Islam (Al-Qur'an, Hadits, Ijma Shahabat dan Qiyas Syar'i). 

b. Rakyat wajib mengkritik penguasa bila menyimpang dari poin a. Sedangkan bagi rakyat yang non Muslim dipersilakan pula untuk mengkritik penguasa yang menzalimi hak-haknya.  

Hak-hak kafir dzimmi (non Muslim warga negara Khilafah): dijamin kebebasan beribadah sesuai ajaran agamanya; dilindungi nyawa, kehormatan dan hartanya; serta gratis biaya kesehatan, pendidikan dan fasilitas publik lainnya. 

4. Sistem pemerintahan dari 'ideologi' Pancasila apa? Yang jelas penguasanya mengaku demokratis, praktiknya mirip diktator dan malah memusuhi khilafah.

a. Penguasa menerapkan aturan yang bersumber dari mana? Komunisme, kapitalisme atau Islam? Tapi mengakunya dari 'ideologi' Pancasila.

b. Mengaku Islam dan Pancasila tidak bertentangan tetapi rakyat yang mengkritik penguasa karena kebijakannya bertentangan dengan Islam malah dipersekusi dan dikriminalisasi dengan alasan bertentangan dengan Pancasila.  

Ini penguasanya yang bertentangan dengan Pancasila atau Pancasilanya yang bertentangan dengan Islam? Kalau penguasanya yang bertentangan dengan Pancasila, mengapa tetap dibiarkan berkuasa? Bila tidak bertentangan dengan Pancasila, berarti Islam dan Pancasila bertentangan. 


Pilihan

Sebagai Muslim, Anda pilih ideologi yang mana? Silakan jawab dalam hati. Namun sebelum menjawab, renungkan dahulu firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surah al-Maidah ayat 3, yang artinya:

"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi diin (agama, ideologi, way of life, worldview, pedoman hidup dan semisalnya) bagimu."


Oleh: Joko Prasetyo
Jurnalis

Depok, 9 Jumadil Akhir 1442 H | 22 Januari 2021 M

Posting Komentar

0 Komentar