Konsultan Keluarga: Keimanan Anak dan Orang Tua Saling Berpengaruh



TintaSiyasi.com-- Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah Hj. Ir. Dedeh Wahidah Achmad ungkap keimanan anak dapat berpengaruh pada kebaikan orang tua atau sebaliknya.

"Jika kita berbicara tentang keimanan, bahwasanya keimanan anak bisa berpengaruh pada kebaikan orang tua atau sebaliknya keimanan orang tua bisa berpengaruh pada kebaikan anak," tuturnya dalam Rubrik Tsaqafah Islam (keluarga): Agar Kelak Berkumpul dengan Keluarga di Surga di kanal Youtube MMC, Selasa (15/2/2021).

Rasulullah SAW dalam hadis Imam Muslim bersabda: "Barang siapa manusia meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara."
Yang pertama sedekah jariyah, kedua ilmu yang memberikan manfaat dan ketiga yang menjadi fokus kita yaitu anak shalih yang mendoakan kedua orang tuanya". Dalam hal ini apa yang dido'akan oleh anak-anak kita akan berpengaruh kepada orang tuanya," terangnya.

Selanjutnya, kalau anak-anak kita melakukan amal shalih karena kita sudah mendidiknya, membinanya sehingga anak kita terdorong, termotivasi untuk beramal shalih, maka pahala amal shalihnya tersebut akan sampai kepada kita tanpa mengurangi pahala dari anak kita. "Jadi apa yang dilakukan anak, keturunan bisa menolong, membantu dan memperbaiki kondisi orang tua," ujarnya.

Demikian juga sebaliknya, apa yang dilakukan orang tua bisa berpengaruh kepada anak, ini jelas sekali, bahwa anak yang shalih dan shalihah tidak mungkin lahir tanpa pendidikan dari kedua orang tuanya, karena memang secara fakta madrasatul ula, pendidikan pertama dan utama adanya dalam keluarga oleh kedua orang tua. "Jadi jelas sekali untuk mempengaruhi keshalihan, kebaikan anak itu sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya," jelasnya.

Dalam Al-Qur'an surat At Tur ayat 21, Imam Jalalain menjelaskan tentang jaminan dari Allah kalau orang tua yang beriman, beramal shalih kemudian mendidik anak-anaknya menjadi shalih-shalihah nanti orang tua ini akan dipertemukan dengan anak-anaknya di surga yang sama. Dengan catatan "sama-sama beriman, beramal shalih, sama-sama dalam ketaatan pada seluruh syariat Allah untuk diupayakan diterapkan secara Kaffah," pungkasnya.[] Faizah

Posting Komentar

0 Komentar