Inilah Tiga Poin Penting Seputar Keluarga



TintaSiyasi.com-- Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah Hj. Ir. Dedeh Wahidah Achmad ungkap tiga poin penting membahas seputar keluarga.

"Jika kita berbicara seputar keluarga setidaknya ada tiga poin penting yang harus kita perbincangkan," tuturnya dalam Segmen Keluarga Rubrik Fiqih Rumah Tangga: Apa Tujuan Berkeluarga dalam Islam? Di kanal Youtube MMC, Kamis (21/1/2021).

Pertama, berkeluarga itu dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Aktivitas berkeluarga bisa bernilai ibadah kalau memenuhi dua syarat. "Pertama, ikhlas semata-mata karena Allah. Kedua, harus terikat dengan hukum syara'," terangnya.

Kedua, pentingnya membahas seputar keluarga karena salah satu tujuan berkeluarga "untuk mewujudkan sakinah mawadah warahmah seperti dikutip dalam Al- Qur'an surat Ar Rum ayat 21," ujarnya.

Dalam berkeluarga harus bisa merealisasikan kesakinahan. Tidak mungkin kita akan meraih sakinah dan ketenangan kalau dalam menjalaninya tidak terikat kepada sebuah aturan dan tidak tahu bagaimana aturan main berkeluarga, mungkin niatnya ingin sakinah, niatnya menikah ingin mendapatkan ketenangan dalam berkeluarga namun yang terjadi malah banyak masalah yang dihadapi," jelasnya.

Pada poin ketiga, ia mengungkapkan, pada faktanya berkeluarga itu penuh dengan romantika, kadang senang, gelisah, sedih bahkan kadangkala ada kendala dan rintangan, itu semua adalah sesuatu yang wajar dalam berkeluarga.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan bagaimana menyelesaikan kendala dan rintangan dengan aturan yang benar, sehingga tidak sampai menghantarkan kepada kehancuran keluarga.

"Kita berharap dengan ujian, cobaan dan masalah itu justru akan membuat kita semakin kuat, sabar dan semakin dekat kepada Allah, semakin taqarrub kepada Allah sehingga di tengah ujian dan rintangan justru ujungnya ada pahala dibalik ujian," pungkasnya.[] Faizah

Posting Komentar

0 Komentar