Analis Forkei: Ada Ketidakadilan Terhadap Industri Baja Lokal dengan Produk Impor



TintaSiyasi.com-- Analis Senior Forum Kajian Kebijakan Energi (Forkei) Lukman Noerochim S.T, M.Sc. (Eng), Ph.D menilai, ada ketidakadilan yang terjadi terhadap industri baja lokal dengan maraknya produk impor.

"Ada unfairness, ketidakadilan yang dilakukan terhadap industri baja lokal dengan produk-produk impor," tegasnya dalam Kabar Malam: Nelangsa Industri Baja Nasional, Sabtu (30/01/2021) di kanal Youtube News Khilafah Channel.

Ia mengungkapkan serbuan baja dari luar negeri berawal dari lebih murahnya harga yang didapat dari memasukkan kode klasifikasi tertentu yang bisa menentukan besaran pajak masuk hingga hampir nol persen.

"Istilahnya adalah harmony system yang itu berkaitan dengan custom dengan bea cukai dan pajak. Di mana itu pengkodean kode-kode yang menentukan besaran dari pajak yang bisa didapat dari produk-produk impor. Dan itu selama ini produk impor baja dari Cina itu hampir bisa dikatakan nol persen dikenai dari pajak," tandasnya.

Menurutnya, hal ini berpotensi menjadi pukulan yang berat bagi industri baja di tanah air. Dan menurutnya, hal itu juga akan berdampak PHK pada hampir 100.000 pekerja industri baja nasional.

Ia berharap pemerintah segera turun tangan menyelesaikan polemik ini. "Tidak akan mampu industri tersebut berdiri sendiri tanpa bantuan dari pemerintah, dengan kebijakan-kebijakan yang mensupport keberadaan industri-industri tadi," pungkasnya.[] Zainul Krian

Posting Komentar

0 Komentar