100 tahun tanpa Khilafah, Pengamat: Momentum Umat Bersatu Mewujudkannya Kembali



TintaSiyasi.com-- Momentum seratus tahun tanpa khilafah, Pengamat Politik Internasional Budi Mulyana mengajak umat Islam bersatu dan mewujudkan kembali khilafah.

"Seratus tahun tanpa khilafah adalah momentum untuk mengingatkan lagi bahwa sedemikian mendesak umat Islam bersatu dan mewujudkan kembali khilafah Islam ‘ala minhajin nubuwwah," tuturnya kepada Tintasiyasi.com, Kamis (18/02/2021).

Ia mengungkap, seratus tahun tanpa khilafah telah melahirkan berbagai problematika di dunia Islam. Selain itu, umat Islam kehilangan induk dan perisainya dan terpecah belah dengan konsep nation state yang diadopsi dari Barat.

"Dengan keterpecah belahan, terciptalah berbagai konflik internal di dunia Islam. Dan umat Islam tidak berdaya menghadapi berbagai ‘serangan’ dari dunia Barat," tegasnya.

Ia mencontohkan, yang paling nyata akibat ketiadaan khilafah adalah konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan, "sudah cukup fakta mengenai urgensi keberadaan khilafah ini."

"Terlebih dengan dorongan keimanan. Karena Khilafah adalah bagian dari ajaran Islam yang sudah semestinya kita wujudkan. Tanpa nanti," pungkasnya.[] Munamah

Posting Komentar

0 Komentar