100 Tahun Keruntuhan Khilafah, Arim Nasim: Jika Tegak Kembali, Khilafah akan Terapkan Sistem Ekonomi Islam


TintaSiyasi.com-- Merefleksi 100 tahun pasca runtuhnya khilafah, Pakar Ekonomi Syariah Dr. Arim Nasim, S.E., M.Si., A.K., menilai jika nanti khilafah tegak maka khilafah akan menerapkan sistem ekonomi Islam. 

“Kalau khilafah tegak, secara ekonomi khilafah akan menerapkan sistem ekonomi islam,” tuturnya kepada Tintasiyasi.com, Kamis (18/02/2021).

Menurutnya, sistem ekonomi Islam akan menyejahterahkan rakyat dan membebaskan negara dari krisis moneter. “Dengan sistem ekonomi islam, masyarakat akan sejahtera, sumber daya alam melimpah dan barang tambang akan menjadi milik umum karena dikelola oleh negara untuk kesejahteraan rakyat. Selain itu, umat Islam di seluruh dunia juga akan bersatu sehingga potensi SDA dan potensi umat-Nya akan digunakan untuk mensejahterakan rakyat. Secara ekonomi juga akan terbebas dari krisis moneter karena khilafah akan menerapkan sistem moneter islam yang mengharamkan riba dan fiat money,” ujarnya.

Ia melihat pasca runtuhnya khilafah, kerusakan yang paling nyata adalah munculnya penjajahan ekonomi yang menyebabkan SDA dieksploitasi dan dijarah oleh para kapitalis. “Sehingga menimbulkan bencana dan kemiskinan bagi masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Ia menilai menegakkan khilafah hukumnya fardhu (kewajiban) kifayah. “Tapi karena saat ini umat belum mampu menegakkan khilafah berarti orang yang tidak terlibat dalam upaya penegakan khilafah, ia berdosa,” pungkasnya.[] Achmad Mu’it

Posting Komentar

0 Komentar