Terkait Hadis Khilafah, KH Syahrir Nuhun: Janji Allah Itu Pasti, Wajib Meyakininya



TintaSiyasi.com-- Pakar Hadis Dr. KH Syahrir Nuhun Lc, M.Th.I mengatakan janji Allah SWT akan kembalinya kekhilafahan ala minhaj nubuwah (khilafah yang sesuai metode kenabian) itu pasti dan kita wajib meyakininya. "Maka janji Allah itu berlaku secara mutlak, berlaku secara umum kita wajib meyakininya," ujarnya dalam FGD#16: The Otoritarian State Tanda Bangkitnya New Chalipate? Sabtu (16/01/2021) di kanal YouTube Pusat Kajian Analisis dan Data (PKAD). 

Ia mengatakan, masa kekhilafahan yang dijanjikan Allah SWT yang tegak di atas manhaj (metode) kenabian akan kembali seiring dengan runtuh atau berakhirnya fase kezaliman atau kekuasaan yang otoriter. Ia melanjutkan bahwa fase kezaliman itu sedang berlangsung saat ini dan umat sedang berada di dalamnya.

Lebih lanjut ia mengatakan sebagai umat Islam yang menyakini janji Allah akan kembalinya masa kekhilafahan itu harus memahami dengan baik beberapa hal.

Pertama, bahwasannya pertolongan dan kemenangan itu hanya akan datang dari Allah SWT saja, semestinya, setiap Muslim meminta pertolongan itu hanya kepada Allah SWT.

"Maka yang mesti dilipatgandakan adalah doa-doa kita kepada Allah SWT, kita mesti sungguh-sungguh mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Karena boleh jadi nusrah (pertolongan) itu belum diturunkan oleh Allah kemenangan itu belum diturunkan oleh Allah bisa jadi fase ke-5 tadi belum tiba, karena belum sungguh-sungguh berdoa dan mendekatkan diri kita Allah SWT," bebernya

Kedua, Allah akan memberikan pertolongan-Nya apabila kaum Muslimin menolong agama-Nya. "Menolong tegaknya agama Allah dengan sungguh-sungguh mengajak manusia untuk bertakwa, dan menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah pada yang mungkar," ujarnya.

Ketiga, Allah SWT akan memberikan pertolomgannya melalui perantaraan orang-orang yang beriman. Maka ia menegaskan, seruan dakwah harus dilakukan secara kolektif dan berjamaah. Karena menurutnya, denhan cara seperti itu, pertolongan-Nya akan segera diberikan sesuai yang dianjikan-Nya.

"Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh niscaya Allah pasti benar-benar sungguh-sungguh Allah akan memberikan kekuasaan di muka bumi ini, sebagaimana Allah telah memberikan kekuasaan sebelum mereka, dan Allah akan meneguhkan agama mereka yang mereka ridhai (Islam) dan Allah SWT akan mengganti suasana ketakutan itu merasa aman," jelasnya.

Keempat, Allah SWT akan memberikan pertolongan-Nya setelah umat ini telah melaluai ujian dari-Nya (masa-masa yang sulit). "Umat-umat sebelum kita itu mereka diuji dengan sekian banyak ujian. Begitu beratnya ujian, cobaan, orang beriman bertanya-tanya kiranya pertolongan Allah ini akan tiba?" pungkasnya.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar