Direktur Pamong Institute Ungkap Penyebab Kepercayaan Publik Terus Menurun



TintaSiyasi.com-- Merespon adanya tingkat kepercayaan masyarakat menurun kepada pemerintah Direktur Pamong Institute Drs. Wahyudi Al Maroky, M.Si, angkat bicara. Ia mengatakan ada tiga hal yang menyebabkan kepercayaan publik  kepada rezim terus menurun sampai saat ini.

“Ada tiga hal yang menyebabkan kepercayaan publik  kepada rezim terus menurun sampai saat ini, pertama, adanya track record catatan publik terhadap ucapan, ujaran atau janji dan kebijakan yang dibuat oleh penguasa,” tuturnya dalam acara Vaksinasi: Antara Hak Rakyat, Kewajiban Negara Dana Ancaman Pidana, Selasa, (19/01/2021) di  YouTube LBH Pelita Umat.

Ia mengatakan, pertama,  adanya track record catatan publik terhadap ucapan, ujaran atau janji dan kebijakan yang dibuat oleh penguasa. "Publik punya catatannya dan antara ucapan dan kebijakan yang dibuat kok tidak sama. Sehingga publik mempertanyakan setiap kebijakan akhirnya dipertanyakan," jelasnya.

Kedua, praktik good goverment yang tidak dilakukan dengan baik jadi ada inefisiensi dalm tubuh pemerintahan jati tidak kurus tidak ramping tidak lincah not responsive dari sembilan kriteria good goverment, mungkin hanya satu atau dua yang dikerjakan yang lainnya ditabrak semua dari efisiensi ditabrak dengan membentuk kabinet gemuk bahkan kemarin reshuffle semakin gemuk.

Ketiga, clean goverment, memang pemerintahannya tidak bersih-bersih amat bahkan sampai di ring 1 pun tidak bersih dengan ditandai ada dua menteri yang ditangkap KPK. "Menteri itukan ring satu, jangan lagi kita membicarakan pemerintahan yang clean goverment, bagaimana mencegah ring satu tidak korupsi saja itu tidak mampu kita bersihkan apalagi kita bisa selevel kepala daerah," bebernya.

"Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintahan rezim sekarang ini yaitu melakukan dialog ataupun diskusi saling menjelaskan itu nampaknya kurang, justru yang ada tindakan yang semakin ke arah otoritarian," tegasnya.

Menurutnya, tugas utama negara adalah hadir untuk menjamin keamanan dan keselamatan seluruh warganya. "Menjamin keamanannya dia harus mencerdaskan. Kalau rakyat edukasinya bagus, penjelasannya bagus, dialogisnya bagus tentu akan ada solusi-solusi yang baik rakyat dengan pemahamannya akan menerima dengan baik menjalankan dengan baik," pungkasnya [] Alfia Purwanti

Posting Komentar

0 Komentar