Bencana Beruntun, Wahyudi Al Maroky: Pemerintah Harus Hadir Menyelamatkan Rakyat



TintaSiyasi.com-- Menanggapi banyaknya bencana yang terjadi di negeri ini, Direktur Pamong Institute Wahyudi Al Maroky mengatakan, pemerintah harus hadir menolong dan menyelamatkan rakyat, karena itu tanggung jawab negara bukan ormas atau swasta.
 
"Paradigma yang mesti dibangun adalah, pemimpin pemerintahan harus hadir menolong dan menyelamatkan rakyat. Bukan hadir sekedar memberi bantuan korban bencana. Beban tanggungjawab dan wewenang itu ada pada pemimpin pemerintahan bukan pada ormas atau swasta," tuturnya kepada Tintasiyasi.com, Rabu (20/1/2021).

Dia mengatakan, di tengah bencana, kita harus cepat berfikir dan bertindak, karena setiap pihak tentu punya tanggungjawab yang berbeda. "Tanggung jawab pemerintah tentulah tak sama dengan ormas. Ketika ada bencana maka pemimpin pemerintahan harus segera tampil di depan melakukan langkah cepat menyelamatkan nyawa rakyatnya," jelasnya.

Ia mengatakan, jangan sampai ada rakyat terluka yang akhirnya kehilangan nyawa karena terlambat atau tidak ada pertolongan (bukan bantuan). Ia menyayangkan, jika ada korban yang semula sehat jadi sakit karena tak ada makanan sementara jalur darat terputus. "Di sinilah peran dan tanggungjawab pemimpin pemerintahan melindungi segenap rakyatnya sesuai konstitusi negara. Maka ia wajib mengerahkan segenap daya untuk menolong rakyatnya yang terkena bencana," tegasnya.

Menurutnya, semua masalah dalam penanganan bencana itu dapat ditangani dengan baik jika ada kinerja yang baik dari pemimpin pemerintahan. "Pemimpin yang berkualitas, tegas dan disegani karena kelembutannya. Tentu dengan keterbatasan SDM (sumber daya manusia), maka ia dibantu para relawan kemanusiaan dari berbagai ormas dan lembaga swasta lainnya. Apalagi pasca penanganan bencana, masyarakat perlu disehatkan, dicerdaskan dan disejahterakan," pungkasnya.[] Anita Puspasari

Posting Komentar

0 Komentar