Ustaz MIY Tegaskan Kesalahan Besar Jika Mengatakan Beragama Itu Urusan Pribadi


TintaSiyasi.com-- Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto menegaskan bahwa kesalahan besar jika ada orang yang mengatakan bahwa beragama itu adalah urusan pribadi.

"Salah besar kalau ada orang mengatakan bahwa orang beragama itu urusan pribadi," ujarnya dalam FGD #13 PKAD: Revolusi Akhlak, Apa dan Bagaimana?, Sabtu (14/11/2020) di kanal Youtube FRONT TV.

Menurutnya, ketakwaan yang akan menjadi kunci dari kebaikan negeri, bangsa, dan negara, bahkan dunia. Sebagaimana firman Allah SWT di dalam surat Al A'raf ayat 96 yang dikutip olehnya, "andai penduduk suatu negeri itu beriman dan bertakwa maka Allah akan membukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi." 

"Jadi urusannya bukan hanya pribadi saja, bukan hanya sebatas keluarga, tetapi membwa bangsa dan negara ini menjadi bangsa dan negara yang baik," jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, revolusi akhlak itu harusnya ketakwaan kepada Allah SWT diletakkan sebagai tumpuan. Ia mengatakan, akhlak itu adalah bentuk ketaatan (ketakwaan) kepada Allah SWT dan bagian dari hukum syara. 

"Jadi kita berahlak mulia, ber-akhlakul karimah (akhlak terpuji), karena bagian takwa kita kepada Allah SWT. Dan dengan akhlak karimah dengan takwa kita kepada Allah SWT, maka insya Allah membawa kehidupan kita mendapat berkah dari Allah SWT, membawa masyarakat dan negara ini menjadi masyarakat dan negara yang penuh berkah," bebernya.

Namun menurutnya, ketika kita berusaha menjadi umat yang betul-betul ingin bertakwa, berjuang agar masyarakat kita benar-benar bertakwa sesuai tuntunan syariah kita akan berhadapan dengan penguasa yang tidak sepenuhnya ridha terhadap apa yang kita inginkan.

"Di sinilah diperlukan perjuangan, karena niat baik saja tidak cukup, tujuan yang baik dengan konsepsi jelas juga tidak cukup, Karena di sana ada orang-orang yang memiliki cara pandang yang berbeda," pungkasnya.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar