Ustaz Hutri: Peran Pemuda dalam Dakwah Luar Biasa



TintaSiyasi.com-- Pengasuh Kajian Smart Teens Kaffah Channel Ustaz Hutri menilai peran pemuda dalam dakwah peradaban Islam sangat luar biasa.

"Peran pemuda di dalam dakwah peradaban islam itu luar biasa," tuturnya dalam acara Live Event Tabligh Akbar 1442 H: 7 Multiperspektif Keagungan Rasulullah SAW, Ahad (01/11/2020), di kanal Youtube Kaffah Channel.

Menurutnya, anak muda itu memang miskin pengalaman dan miskin masa lalu tapi dia kaya ide-ide segar di masa depan. "Selalu ada pembaharuan dan inovasi serta gerakan baru yang mendobrak kejumudan zaman di tangan pemuda Islam," ungkapnya.

Oleh sebab itu, menurutnya, Rasulullah berpesan kepada para sahabatnya agar menjaga para syabab (pemuda) karena begitu berharganya peran pemuda. "Rasulullah SAW bersabda: Tolong, jaga baik-baik para syabab. Dulu, itu yang menolongku adalah golongan anak muda sedangkan para orang tua mereka melecehkanku," ungkapnya.

Demikian juga, ia mengatakan ketika Umar bin Khattab mengumpulkan para pemuda untuk menyelesaikan masalah di Madinah karena pemuda memiliki kecerdasan. "Umar  bin Khattab mengumpulkan pemuda karena ketajaman akalnya," terangnya.

Ia berpesan kepada pemuda Islam untuk memberikan kado terindah untuk Rasulullah SAW. "Bukankah Rasulullah telah menyerahkan seluruh dedikasi hidupnya untuk kita. Tapi, kenapa kita tidak menyerahkan dedikasi kita untuk menegakkan agama  Beliau SAW," ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak pemuda Islam agar membalas cinta Nabi dengan cinta yang penuh dedikasi. Jangan sampai kita membiarkan cinta Nabi ini bertepuk sebelah tangan. "Betapa kurang ajarnya kita. Betapa tidak beradabnya kita. Kalau kita membiarkan cinta Nabi itu bertepuk sebelah tangan," pungkasnya.[] Achmad Mu'it

Posting Komentar

0 Komentar