TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Terkait Wacana Revolusi Akhlak, Ustaz MIY Tegaskan Harus Disertai Revolusi Iman



TintaSiyasi.com-- Terkait wacana revolusi akhlak, Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto menegaskan hal itu harus disertai dengan revolusi iman atau akidah.

"Revolusi akhlak ini harus disertai atau didasari degan revolusi iman atau revolusi akidah," ujarnya dalam FGD #13 PKAD: Revolusi Akhlak, Apa dan Bagaimana?, Sabtu (14/11/2020) di kanal Youtube FRONT TV.

Menurutnya, revolusi iman atau akidah itu akan berperan penting dalam membentuk cara pandang umat terhadap kehidupan dunia. Ia mengungkapkan bahwa cara pandang terhadap kehidupan dunia merupakan jawaban tuntas atas tiga pertanyaan mendasar, yaitu dari mana kita berasal, untuk apa kita hidup, dan akan ke mana kita akan kembali?

"Dan kita semua sudah memahami bahwa kita diciptakan oleh Allah SWT, tidak lain adalah untuk beribadah kepadanya. Ibadah itu tak lain adalah taat kepada Allah, dan ke mana kita kembali ? Kita akan kembali kepada Allah SWT," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kehidupan kita di dunia itu sangat sebentar. Ia mengutip sebuah hadis gambaran kehidupan yang pernah disampaikan Baginda Rasulullullah SAW. Rasulullullah SAW bersabda, "Tidaklah kita semua hidup di dunia kecuali sperti seorang pengendara yang bernaung sebentar di bawah pohon, istirahat lalu berlalu." 

Ia mengatakan, karena hidup kita di dunia ini hanya sebentar maka haruslah ada seauatu yang penting kita persiapkan untuk menyongsong kehidupan akhirat kelak. "Nah itulah smestinya yg menjadi fokus perhatian kita. Apa itu? Allah SWT mengabarkan kepada kita yaitu berbekallah kalian dan sebaik-baik bekal itu adalah takwa," jelasnya.

"Jadi takwa inilah yang semestinya menjadi pusat perhatian kita, ke mana seluruh waktu perhatian, tenaga, pikiran, bahkan hidup kita ini tertuju. Bagaimana mewujudkan takwa itu, yang para ulama menyebut takwa itu adalah melakukan semua kewajiban dan meninggalkn semua yang dilarang oleh Allah SWT," pungkasnya.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar