TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Pengamat Ekonomi dan Bisnis Syariah Ungkap Peradaban Kapitalisme Runtuh Jika..



TintaSiyasi.com--Menanggapi kabar Indonesia terperosok ke jurang resesi, Pengamat Ekonomi dan Bisnis Syariah, Muhammad Sholahuddin, SE, M.Si, Ph.D., mengungkapkan kemungkinan runtuhnya peradaban kapitalisme.

"Namun, jika masyarakat dan pemerintah sudah tidak percaya lagi terhadap solusi kapitalisme, apalagi terhadap sistemnya yang rapuh, terlebih mereka sudah mempunyai solusi alternatif, sistem Islam misalnya, maka runtuhnya peradaban kapitalisme tinggal menunggu hari," tuturnya kepada TintaSiyasi.com, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya, jika resesi berlanjut pada pada krisis dan depresi ekonomi, maka tentu ekonomi akan semakin suram. Ia menambahkan, apabila kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap sistem ekonomi kapitalisme masih tinggi, maka ia tidak yakin akan runtuhnya peradabatan kapitalisme.

"Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) sih memang Indonesia sudah masuk resesi. Kan kriterianya kalau pertumbuhan ekonomi 3 bulanan menurun dua kali berturut-turut. Nah, Indonesia itu pertumbuhan ekonomi nya pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen. Sekarang minus 3,49 persen pada kuartal III 2020 kemarin," bebernya.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi minus menunjukkan jumlah produk barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia mengalami penurunan di setiap bulan. "Baik yang memproduksi pihak asing yang di Indonesia maupun WNI, mengalami penurunan setiap bulannya, sehingga selisih antar bulan itu minus," pungkasnya.[] Ika Mawarningtyas

Posting Komentar

0 Komentar