Pakar Ekonomi Islam Ungkap Sumber Masalah Indonesia Terperosok ke Jurang Resesi

Foto: Dwi Condro Triono, SP.,M.Ag.,Ph.,D.


TintaSiyasi.com-- Menanggapi kabar Indonesia resmi terperosok ke jurang resesi, Pakar Ekonomi Islam Dwi Condro Triono, SP.,M.Ag.,Ph.,D., mengungkapkan sumber masalahnya. 

"Dan solusinya bukan hanya ekonomi, tapi kesehatan. Karena, sumber masalahnya adalah pandemi itu," tuturnya kepada TintaSiyasi.com, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, krisis yang terjadi bukan murni karena masalah ekonomi. "Soalnya, krisisnya itu bukan murni ekonomi. Tapi ada peran pandemi dan itu faktor paling dominan," ujarnya.

Ia menjelaskan, dulu awal tahun 2020, tanda-tanda krisis ekonomi sudah ada. Ia melihat polanya seperti krisis moneter yang pernah terjadi pada tahun 1997.

"Tiba tiba berubah setelah pandemi. Kalau krismon (krisis moneter pada tahun 1997) karakternya, menyebabkan inflasi tinggi. Kalau krisis sekarang menimbulkan resesi, atau pelambatan ekonomi," ungkapnya.

Ia menyayangkan sikap pemerintah. Karena menurutnya, pemerintah cenderung lebih mementingkan pemulihan ekonomi daripada menyelesaikan secara tuntas wabah pandemi Covid-19 ini.

"Soalnya, krisis ekonomi itu sudah menjadi langganan sistem ekonomi kapitalisme. Dan mereka sudah punya perangkat yang lengkap untuk menanggulanginya," jelasnya.

Menurutnya, sistem ekonomi kapitalisme mempunyai senjata andalan mengatasi setiap krisis ekonomi yang terus berulang. 

"Yaitu dengan perangkat kebijakan fiskal dan/atau kebijakan moneter. Itu senjata mereka. Tapi kalau menghadapi pandemi ini, mereka masih kalang kabut," pungkasnya.[] Ika Mawarningtyas

Posting Komentar

0 Komentar