KH Masri Sitanggang Ungkap Revolusi Akhlak adalah Revolusi Peradaban




TintaSiyasi.com-- Ketua Masyumi Reborn KH Masri Sitanggang mengungkapkan bahwa jika berbicara revolusi akhlak sebenarnya sedang berbicara revolusi peradaban.

"Suatu revolusi peradaban sebenarnya, kalau kita bicara revolusi akhlak," ujarnya dalam FGD #13 PKAD: Revolusi Ahlak, Apa dan Bagaimana?, Sabtu (14/11/2020) di kanal Youtube FRONT TV.

Ia menjelaskan, revolusi peradaban ini sesungguhnya mempunyai dasar konstruksi jelas. Menurutnya, konstruksi tersebut bukan atas dasar kemauan sendiri dari manusia atau masyarakat, tetapi atas dasar nilai-nilai universal yang telah ditetapkan Allah SWT.

"Jadi, katakanlah sederhananya kalau kita ini revolusi akidah, bagaimana mengembalikan manusia menjadi orang yang bertauhid kepada Allah," tuturnya.

Menurutnya, revolusi akhlak ini adalah suatu pekerjaan yang luar biasa. Namun menurut beliau, yang harus dipikirkan mengenai revolusi akhlak ini adalah bagaimana strategi atau langka-langkah yang harus ditempuh agar benar-benar tercapai tujuannya. 

"Berkaitan dengan kondisi kita di Indonesia, memang revolusi ini memang mendesak untuk dilakukan. Bahwa, negeri ini sedang kacau balau dan semua bertumpu pada persoalan akhlak rendah, minim akhlak," ungkapnya.

Ia mengatakan, salah satu di antara akhlak yang harus ditanamkan yaitu mengabdi hanya kepada Allah SWT. Ia mengungkapkan, salah satu di antara pengabdian itu adalah sikap jujur dalam rangka memegang amanah yang diberikan.

Karena menurutnya, persoalan-persoalan itulah yang harus diperbaiki, sehingga negeri ini nantinya diberkahi oleh Allah SWT. "Memang penduduknya tidak berpegang kepada apa yang diamanahkan kepada kita ini, ya penguasanya juga begitu," pungkasnya.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar