Direktur Pamong Institute Menilai Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Tidak Memenuhi Indikator Pemerintahan yang Baik



TintaSiyasi.com-- Direktur Pamong Institute Wahyudi al Maroky menilai bahwa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama setahun tidak memenuhi indikator pemerintahan yang ada. "Indikator pemerintahan menurut saya tidak terpenuhi oleh pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ini. Apalagi kalau dibilang data kriminalitas meningkat. Itu kan menunjukkan buruk sekali itu," ujarnya dalam FGD: Kekuasaan dan Perubahan, Ahad (22/11/2020) di kanal Youtube Rayah TV.

Ia mengungkapkan tiga indikator untuk mengukur tercapai atau tidaknya tujuan suatu pemerintahan. Pertama, jaminan keamanan masyarakat, kedua, menciptakan ruang kebebasan masyatakat, dan ketiga, kesejahteraan rakyat.

"Jadi tujuan pemerintah itu dibentuk, pemimpin disiapkan itu setidaknya dia memberikan tiga hal tadi, melindungi masyarakatnya, menciptakan rasa aman dan mensejahterakan rakyatnya atau membahagiakan masyarakatnya," bebernya.

Ia mengatakan bahwa dari tiga indikator itulah kita bisa menguji pemerintahaan yang ada. Lebih lanjut beliau mengungkapkan, di tahun 2020 ini ada kenaikan tingkat kriminalitas sebesar 38,42%. "Jadi bukan berarti terjadi penjaminan keamanan di situ, tapi justru tidak ada penjaminan," ungkapnya.

Ia mengatakan, masalah kebebasan juga semakin sempit, bahkan tidak ada lagi. Ia mencontohkan kebebasan berpendapat yang semakin sempit yaitu banyaknya aktivis dan ulama yang ditangkap karena perbedaan pendapat. "Bahkan kemarin ada ancaman-ancaman mau bubarkan FPI lah, menantang-menantang yang lain lah. Itu menunjukkan pemerintah gagal menciptakan ruang berkreasi gitu," jelasnya.

Terkait indikator kesejahteraan, beliau mengatakan tidak ada peningkatan, malah terjadi resesi ekonomi. "Nah, dari tiga variabel penting dalam kacamata pemerintahan menurut saya, rapornya merah semua gitu," tegasnya.

"Ini mungkin yang perlu kita catat bahwa memang pemerintahannya kalau bahasa umumnya tidak efektif. Artinya, tidak menjalankan fungsi pemerintahan yang baik. Kalau dilihat dari kacamata evaluasi , catatan setahun di situ gitu," pungkasnya.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar