Benarkah Pemimpin adalah Cermin dari Rakyatnya?



Pertama, ungkapan tersebut benar, itu adalah ungkapan sebagian ulama dalam memandang hubungan rakyat dan penguasa. Pada konteks ini sebenarnya yang dimaksud rakyat disini adalah mayoritas rakyat (bukan semuanya). Ibnu Qayyim al-Jauziyah rahimahullah mengatakan,

وتأمل حكمته تعالى في ان جعل ملوك العباد وأمراءهم وولاتهم من جنس اعمالهم بل كأن أعمالهم ظهرت في صور ولاتهم وملوكهم فإن استقاموا استقامت ملوكهم وإن عدلوا عدلت عليهم وإن جاروا جارت ملوكهم وولاتهم

“Dengan perenungan akan didapati bahwa diantara hikmah Allah Ta’ala adalah Dia menjadikan perilaku para raja, pemimpin dan penguasa adalah sejenis dengan perilaku rakyatnya, bahkan seakan-akan perilaku rakyat tercermin dalam gambaran perilaku pemimpin dan penguasa mereka. Jika rakyat lurus maka akan lurus pula penguasa mereka. Jika rakyat adil maka akan adil pula penguasa mereka. Jika rakyat berbuat lalim maka penguasa mereka akan berbuat lalim pula.” (Lihat: Ibnu al-Qayyim, Miftah Daris Sa’adah, 2/177-178).

Kedua, sebenarnya pandangan yang lebih tepat adalah bahwa hubungan rakyat-penguasa bersifat timbal balik, bahkan ada hal ketiga yang turut mendominasi mereka, yakni sistem. Harus dilihat dari tiga sisi sekaligus, yakni pemimpin itu cerminan dari mayoritas rakyatnya, mayoritas rakyat cerminan dari pemimpinnya, dan sistem yang baik akan menyuburkan rakyat dan penguasa yang baik.

Menyimak pandangan Ibnu al-Qayyim di atas, jelas bahwa salah satu tanda rusaknya rakyat adalah saat mereka tidak mau mengkritik dan meluruskan kemungkaran, termasuk kemungkaran penguasanya, mereka mendiamkannya lalu menyibukkan diri ‘mencerahkan’ umat supaya mereka ‘sabar’, ‘ridha dan ikhlas’ menerima kezhaliman. Perilaku seperti inilah yang diancam oleh Rasulullah akan diberi ‘hadiah’ berupa pemimpin yang buruk.

Ketiga, relasi rakyat-penguasa dengan gambaran seperti di atas (penguasa cerminan mayoritas rakyat) justru menegaskan wajibnya ada sebagian dari rakyat yang melakukan perbaikan. Melakukan amar makruf nahi munkar. Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ أَوْ لَيُسَلِّطَنَّ اللَّهُ عَلَيْكُمْ شِرَارَكُمْ فَيَدْعُو خِيَارُكُمْ فَلَا يُسْتَجَابُ لَهُمْ

“Hendaklah kalian beramar ma’ruf nahi munkar atau Allah akan menjadikan orang-orang jahat dari kalian berkuasa, lalu orang-orang baik kalian berdoa dan doa mereka tidak dikabulkan.” (HR. al-Bazzar)
Oleh karena itu, mengkritik kebijakan penguasa termasuk amal shalih jika dilandasi niat yang ikhlas untuk memperbaiki umat. Penguasa yang baik tentu sangat memerlukan kritikan. Khalifah ‘Umar bahkan mendoakan orang-orang yang mengkritik dan menunjukkan kekurangannya.

Keempat, relasi rakyat-penguasa juga adalah bahwa mayoritas rakyat cerminan dari pemimpinnya. Hari ini nampak dengan kasat mata bahwa rusaknya rakyat itu disebabkan oleh rusaknya penguasa, karena penguasalah yang bertanggungjawab mendidik dan menasihati rakyatnya. Imam al-Ghazali dalam Ihya’nya menyatakan:

وبالجملة إنما فسدت الرعية بفساد الملوك وفساد الملوك بفساد العلماء فلولا القضاة السوء والعلماء السوء لقل فساد الملوك خوفاً من إنكارهم

“Secara umum, rusaknya rakyat itu adalah karena rusaknya para penguasanya, dan rusaknya para penguasa itu tidak lain adalah karena rusaknya para ‘ulamanya. Kalaulah bukan karena para hakim dan para ulama yang jahat, niscaya akan sedikit kerusakan pada para penguasa, lantaran mereka takut akan mendapatkan penentangan dari mereka.” (Lihat: Al-Ghazali, Ihya’ ’Ulumiddin, juz 3, hlm. 64.)
Kelima, pentingnya sistem yang baik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْمَدِينَةُ كَالْكِيرِ تَنْفِي خَبَثَهَا وَيَنْصَعُ طَيِّبُهَا

“Madinah itu bagaikan tungku api, ia membersihkan kotoran (karat-karat)nya dan memurnikan yang baiknya.” (HR. al-Bukhari).

Sistem yang baik itu ibarat tungku api. Dengan tungku yang baik, karat-karat pada besi yang akan ditempa akan hilang. Inilah sistem Islam. Sistem yang idel dalam kaitannya dengan relasi rakyat-penguasa adalah sistem khilafah. Bukan sistem yang lain. Sejarah telah membuktikan hal itu.
Demikianlah penjelasan singkat kami, bahwa relasi rakyat-penguasa bersifat timbal balik dan saling mempengaruhi (pemimpin cermin mayoritas rakyat dan mayoritas rakyat cerminan pemimpinnya). Demikian juga ada unsur yang ketiga yakni sistem. Oleh karena itu, amar makruf dan nahi munkar dan muhasabah kepada penguasa harus tetap tegak demi memperbaiki kondisi masyarakat yang ada. Dakwah juga harus diarahkan pada perbaikan sistem, bukan hanya perbaikan personal.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

«الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ» قلنا: لمن؟ قال: «لله, ولكتابه, ولرسوله, لأئمة المسلمين وعامتهم»

“Agama itu nasihat”. Kami pun bertanya, “Hak siapa (nasihat itu)?”. Beliau menjawab, “Nasihat itu adalah hak Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, pemimpin kaum muslimin dan rakyatnya (kaum muslimin)”. (HR. Muslim).
Wallahu a’lam.[]

Oleh: Ajengan Yuana Ryan Tresna
Mudir Khadimus Sunnah Bandung

Sumber artikel: tsaqofah.id

Posting Komentar

0 Komentar