TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Prof. Suteki: UU Cipta Kerja Bentuk Ketidakadilan Penguasa terhadap Hak Hidup dan Konstitusional Rakyat



TintaSiyasi.com-- Pakar Filsafat Pancasila dan Hukum-Masyarakat, Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum.  memandang pengesahan UU Cipta Kerja merupakan bentuk ketidakadilan penguasa.

“Saya memandang bahwa rencana pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja merupakan bentuk ketidakadilan penguasa terhadap hak hidup dan konstitusional rakyat, hingga berpotensi mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup,” tuturnya dalam Forum Diskusi Rumah Inspirasi Perubahan: Problem dan Solusi atas UU Omnibus Law Cipta Kerja, Senin (12/10/2020) di kanal YouTube Rumah Inspirasi Perubahan.
 
Menurutnya, RUU Cipta Kerja berpotensi melanggar standar praktik terbaik internasional yang ditujukan untuk mencegah konsekuensi berbahaya dari aktivitas bisnis. 

"Bahwasannya omnibus law berarti Yaitu suatu UU yang dibuat untuk menyasar satu isu besar yang mungkin dapat mencabut atau mengubah beberapa UU sekaligus sehingga menjadi lebih sederhana," tegasnya.

Ia pun menyoroti kerangka perizinan, pemantauan kepatuhan lingkungan, konsultasi publik, dan sistem sanksi yang diyakini akan berdampak parah terhadap lingkungan, hak asasi manusia dan ketenagakerjaan.

"Ketika omnibus law disahkan, maka semua produk hukum lain yang mengatur masalah atau topik yang sama, otomatis akan gugur atau tidak berlaku lagi," pungkasnya.[] Liza Burhan

Posting Komentar

0 Komentar