Prof. Suteki Ungkap Tiga Sebab Jatuh Bangunnya Peradaban



TintaSiyasi.com-- Pakar Hukum dan Masyarakat, Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum., menilai jatuh bangunnya peradaban Islam tergantung dari tiga unsur. 

"Jatuh bangunnya peradaban karena tiga unsur. Pertama, penegakan syariat. Kedua, ukhuwah, dan ketiga adalah dakwah," tuturnya dalam Peringatan Akbar Maulid Nabi yang bertajuk Cinta Nabi Cinta Syariah, Cinta Nabi SAW: Tegakkan Syariah, Wujudkan Keadilan, Lenyapkan Kezaliman, Kamis (29/10/2020) di laman maxbuzz.co

Menurutnya, kurang lebih sejak 1400 tahun yang lalu Rasullullah Saw membawa dan menjaga tiga unsur itu. Ia mengatakan, tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk melanjutkan dan mewujudkan ketiga unsur tersebut dalam kehidupan.

“Dalam peringatan Maulid tahun 1442 H peradaban di Indonesia menemui keredupan oleh karena seolah ada skenario memojokkan Islam dengan berbagai tindakan yang terkesan represif, baik secara horizontal maupun vertikal, khususnya dalam bidang penegakan hukum,” ungkapnya.

Ia merasa prihatin terhadap kondisi hukum di negeri ini. Karena menurutnya, kondisi hukum jauh dari unsur penegakkan keadilan, melainkan demi kekuasaan semata. 

"Tajam ke lawan, tumpul ke kawan. Hukum seperti pisau dapur. Down ward law is greater than up ward law. The haves always come out ahead (hukum untuk kaum yang di bawah lebih tajam daripada hukum untuk kaum yang di atas, orang kaya selalu unggul)," tegasnya.

Namun, ia mengingatkan, sebuah hal yang wajar apabila dakwah akan terus mengalami hambatan. “Kata orang, jika dakwah perjuangan itu dalam zona nyaman, mungkin kita sedang berada di jalan yang salah," pungkasnya.[] Reporter: Liza Burhan, Editor: Ika Mawar

Posting Komentar

0 Komentar