TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Pakar Ekonomi Syariah: Sistem Ekonomi Islam Solusi Atasi Krisis Kapitalisme



TintaSiyasi.com-- Pakar ekonomi syariah Dr. Arim Nasim, SE., M.Si., AK mengungkapkan sistem ekonomi Islam solusi atasi krisis akibat ekonomi kapitalisme. "Krisis akan hilang jika sistem ekonominya diganti dengan sistem ekonomi Islam," ujarnya dalam FGD FDMPB #7 (Fokus Grup Diskusi Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa) Menimbang Dampak UU Omnibus Law, Sabtu (10/10/2020) di kanal Youtube FDMPB. 

Menurutnya, krisis dalam sistem ekonomi kapitalisme merupakan siklus perekonomian yang selalu akan terjadi. "Jadi, kalau kita menerapkan sistem ekonomi kapitalisme, krisis itu pasti akan ada," ungkapnya.

Ia mengungkapkan empat hal yang perlu dilakukan dalam mengatasi krisis ekonomi kapitalisme dengan menjadikan ekonomi Islam sebagai solusi.

Pertama, mengubah paradigma ekonomi dalam masyarakat. Selama ini yang berlaku adalah ekonomi kapitalis swngan paradigma untung-rugi (benefit-cost). "Nah kita dalam konteks Islam ekonomi itu bukan hanya untung rugi, paradigma dalam islam standarnya adalah halal-haram," tegasnya.

Kedua, menata sistem ekonomi, sistem ekonomi di campakkan ganti dengan ekonomi Islam. Ketiga, menata dengan baik manusia-manusianya dengan baik sebagai pelaksana dari sistem ekonomi itu.

Keempat, menata sistem kontrol sosial di masyarakat, sehingga nantinya menjadikan sistem ekonomi ini berjalan dengan baik.[] Rasman

Posting Komentar

0 Komentar