TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Apa itu Feature?



TintaSiyasi.com-- "Feature itu merupakan rekonstruksi suatu kejadian yang dikemas dalam bentuk cerita," tutur Om Joy dalam kelas Teknik Menulis Feature (Coaching with Om Joy), Kamis (01/10/2020), secara daring.

Menurut Om Joy, Feature dan Opini itu dua jenis tulisan yang berbeda. "Feature tidak berkewajiban memberikan solusi atas masalah yang diceritakan. Sedangkan Opini merupakan penyikapan terhadap suatu kejadian, salah satu sikap bisa berupa pemberian solusi atas masalah," terangnya.

Om Joy juga mengingatkan bahwa mengikuti kelas Feature akan diajarkan teknik menulis Feature bukan Opini. "Ikut kelas Feature berarti akan diajarkan teknik membuat Feature, bukan teknik menulis Opini yang memberikan solusi atas masalah," tuturnya.


Menggugah Perasaan Pembaca Lewat Feature

"Target feature itu membuat pembaca sedih tanpa penulis menuliskan kata 'sedih', membuat pembaca marah tanpa penulis menuliskan kata 'marah'," tuturnya.

Menurutnya, rasa itu diwakili oleh deskripsi, yang menggambarkan kejadian yang membuat penulis sedih. "Dengan demikian, diharapkan pembaca pun akan merasa sedih karena membaca gambaran kejadian yang dideskripsikan, bukan karena penulis menulis kata 'sedih'," ujarnya.

Oleh sebab itu, Om Joy berpesan: 

Buatlah pembaca marah pada kezaliman tanpa disuruh marah !

Buatlah pembaca melawan kezaliman tanpa disuruh melawan !

Buatlah pembaca senang pada perjuangan Islam tanpa disuruh senang !

Buatlah pembaca mendukung perjuangan Islam tanpa disuruh mendukung !

Ia berharap semoga kemampuan menulis feature yang didapat nanti bisa, "Menjadi wasilah dakwah dan berlimpahnya pahala jariah untuk kita semua."[] Achmad Mu'it

Posting Komentar

0 Komentar