TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Ustaz Harun al Rasyid: 53,57% Muslim Indonesia tidak Bisa Baca Quran, Bismillah Memulai Program IBBQ

Foto: Ustaz Harun al-Rasyid


TintaSiyasi.com-- Merasa prihatin setelah melakukan penelitian dengan temannya, ada 53,57% Muslim Indonesia belum bisa baca Quran, Ustaz Harus al Rasyid menggagas dan menjadi penggerak Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ).

“Saya jadi instrospeksi diri. Setelah saya dan rekan meneliti ternyata ada 53,57% muslim Indonesia tidak bisa baca Quran, lalu bismillah saya bersama teman-teman memulai program IBBQ (Indonesia Bisa Baca Quran) ini," ungkap penggagas IBBQ, saat mengisi acara Amazing Muharram 9 di kanal Youtube Cinta Quran TV, Hijrah fest Official, dan Saling Sapa TV, Ahad (13/9/2020).

Ustaz Harun menceritakan alasan menggagas IBBQ. Awalnya ia dan temannya mengadakan pelatihan baca Quran di kantor-kantor dengan berbayar, karena biasanya orang kantor ingin bisa mengaji tapi sibuk.

“Kita mengajarkan Quran di kantor-kantor, alhamdulillah sambutanya luar biasa.
Terus ada yang menuturkan, kita kan di kota belajar Quran banyak fasilitas tapi yang di desa bagaimana? Langsung pada saat itu saya merasa ketampar,” ungkapnya. 

Selanjutnya ia menjelaskan, saat ini program IBBQ telah memiliki 13 tim dan tersebar berkeliling di seluruh Indonesia mengajarkan baca Quran di berbagai kampung maupun desa.

“Kebanyakan pesertanya ibu-ibu yang sudah berumur ya, tapi masya Allah mereka senang dan semangat untuk belajar,” tuturnya.

Ia bersyukur, sekarang program IBBQ ini telah merambah ke dunia online. “Kalau dulu kita kebanyakan offline datang ke kampung dan desa, tapi sekarang kita memulai program online dan ternyata sambutanya juga luar biasa. Tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri seperti di Jepang,” pungkas beliau. []


Reporter: Okki Alfian Nurlail
Editor: Ika Mawar

Posting Komentar

0 Komentar