Pentingnya Meningkatkan Pemahaman Film Jejak Khilafah di Nusantara



Film Dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara yang perdana hadir di Indonesia pada Kamis, 20 Agustus 2020 di website resmi JKdN memicu berbagai macam tanggapan, perdebatan maupun diskusi dari seluruh kalangan masyarakat, baik mendukung maupun  yang menolak. Padahal bisa jadi sebelumnya dari mereka ada yang belum terlalu mengenal khilafah atau bahkan sudah sangat mengenal makna khilafah itu sendiri. 
Melihat judulnya saja, Film Jejak Khilafah di Nusantara, menimbulkan berbagai macam pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat luas di antaranya, Bagaimana bisa Islam tiba di Nusantara? Kenapa khilafah? Apa urgensi khilafah maupun pengenalan tentang khilafah? 

Berdasarkan film Jejak Khilafah di Nusantara, dapat diketahui bahwa Islam tiba di Nusantara karena ada peran Khilafah Islamiyah yang memiliki kewajiban dakwah Islam dan jihad. Wajar jika penyebarluasan Islam tersebut bisa tiba di Indonesia apalagi pada masa khilafah tengah berjaya. Khilafah Islam merupakan negara adidaya yang memiliki power pada masanya. Maka, suatu fakta yang wajar jika pengaruh khilafah di belahan bumi yang lain. 

Tentu hal ini juga memicu untuk munculnya pertanyaan selanjutnya yaitu kenapa khilafah yang harus menyebarluaskan Islam? Karena peran Daulah Khilafah Islam ialah dakwah dan jihad untuk membumikan serta menerapkan Islam secara menyeluruh baik dari sistem pemerintahan maupun bermasyarakat. 

Sebagai bentuk konsekuensi keimanan, setiap orang beriman diharuskan untuk taat Kepada Allah SWT secara menyeluruh, baik dalam aspek hubungan diri sendiri kepada sesama manusia, diri sendiri, maupun kepada Allah SWT. 

Berbagai aspek yang harus diterapkan tersebut tentu tidak dapat ditegakkan oleh satu orang atau sekelompok orang saja, namun penerapan Islam di seluruh aspek dalam kehidupan tersebut membutuhkan peran negara yang menjadi perisai atau pelindung. 

Hal ini disebabkan adanya perintah Allah SWT untuk menerapkan Islam dalam berbagai aspek kehidupan termasuk bernegara. Islam tidak hanya mengatur tentang ibadah atau hukum nikah, namun Islam mengatur segala permasalahan kehidupan manusia, dari bangun tidur hingga bangun negara. 

Ini menunjukkan urgensi pengenalan terhadap khilafah. Khilafah berperan besar untuk mewujudkan konsekuensi keimanan tersebut yakni taat kepada Allah SWT dengan menerapkan Islam secara menyeluruh. Seharusnya kita tidak boleh melupakan, menyepelekan apalagi menghina pembahasan tentang khilafah yang notabenenya adalah salah satu wujud ketaatan kita kepada Allah SWT. Tidak ada kemuliaan tanpa Islam, tak akan sempurna Islam tanpa syariat dan tak akan tegak syariat tanpa daulah khilafah Islamiyah ‘ala minhajinnubuwwah. 

Maka, penayangan film Jejak Khilafah di Nusantara ini merupakan ikhtiar syiar Islam yang sangat besar, masif bahkan berani untuk memperkenalkan dan mengingatkan lagi kepada seluruh umat manusia terutama orang-orang beriman di Indonesia mengenai konsekuensi keimanannya. Sangat disayangkan masih banyak pihak-pihak yang menganggap bahwa film ini adalah propaganda yang memiliki kepentingan tertentu saja. 

Padahal sangat jelas bahwa film JKDN ini bertujuan untuk menyadarkan umat Islam kembali mengenai urgensi khilafah dan bisyarah Rasulullah SAW yang merupakan janji Allah SWT. Jejak Khilafah pernah ada di Indonesia dan telah dibuktikan dengan fakta sejarah. Hal ini menjadi bukti bahwa janji Allah SWT tersebut benar pernah ada. Adapun janji Allah  SWT mengenai akan hadirnya daulah khilafah ‘ala minhajinnubuwwah  nantinya pun seharusnya harus kita imani bahkan berjuang bersama secara maksimal untuk mewujudkannya. []

Oleh: Isra Novita, Mahasiswa Universitas Indonesia


Posting Komentar

0 Komentar