TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Iwan Januar: Kurang Pas Menjadikan K-Pop sebagai Inspirasi

Foto: Iwan Januar, Pengamat Sosial Politik


TintaSiyasi.com-- Pernyataan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang menjadikan K-pop sebagai inspirasi dalam berbudaya dinilai kurang pas. "Jadi, saya pikir ini pernyataan yang kurang pas," tutur Pengamat Sosial Politik Iwan Januar dalam Kabar Malam, Senin (21/9/2020) di kanal Youtube Khilafah Channel.

Menurutnya, para pejabat kurang mendalami kondisi masyarakat Korea yang tidak islami. Lebih lanjut, ia menegaskan, jika memang ingin memajukan budaya yang sesuai dengan kultur dominan masyarakat Indonesia, seharusnya berkiblat pada budaya Islam. "Karena tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman kita dan agama kita," tambahnya. 

"Kita juga mencemaskan, kalau tidak tahu tentang bagaimana sebetulnya budaya asli masyarakat Korea dan fenomena sosial di sana, ini justru khawatir menjadi legitimasi untuk masuknya budaya asing yang bertentangan dengan kultur asli orang Indonesia," sanggahnya.

Ia khawatir dan menduga Ma'ruf Amin menyampaikan hal itu sebagai pesanan dan tidak tahu persis seperti apa sebetulnya K-Pop. "Karena kalau kita lihat secara sosiologis orang yang lahir di bawah tahun 80-an, sebetulnya tidak terlalu akrab dengan budaya pop dan kultur pop yang kekinian, apalagi K-Pop seperti itu," pungkasnya.[]

Reporter: Rasman

Posting Komentar

0 Komentar