TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Ajengan Yuana: Imamah dan Khilafah Sama Maknanya

Foto: Ajengan Yuana Ryan Tresna 


TintaSiyasi.com-- Menurut Mudir Khadimus Sunnah Bandung Ajengan Yuana Ryan Tresna, antara Khilafah dan Imamah sama saja maknanya. "Imamah sama dengan khilafah, maknanya sama saja. Dijelaskan oleh Imam An Nawawi Raudhathut Thalibin yang menyamakan Khalifah dengan Imam termasuk Amirul Mukminin", ujarnya kepada TintaSiyasi.com, Sabtu (12/9/2020).

Ia menjelaskan beberapa pendapat para imam dan ulama terkait Khilafah dan Imamah. Pertama, pendapat Imam Al Haramain, yang mengatakan Imamah yakni khilafah adalah kepemimpinan yang sifatnya utuh dan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat umum serta juga hal-hal yang bersifat khusus dalam urusan-urusan agama maupun dunia.

Kedua, definisi khilafah menurut ulama kontemporer, Syekh Taqiyuddin an-Nabhani mendefinisikan khilafah sebagai kepemimpinan yang bersifat umum bagi seluruh kaum muslimin di dunia untuk menegakkan hukum-hukum syariah Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. 

"Dari definisi-definisi tadi, kita bisa mengambil benang merah. Pertama, khilafah berkaitan dengan kepemimpinan, kedua, kepemimpinan itu fungsinya adalah untuk menjaga agama dan melakukan pengaturan di dunia. Itu adalah definisi-definisi yang masyhur (terkenal) di kalangan ulama" jelasnya.

Ia menjelaskan definisi Khilafah yang disampaikan ulama-ulama kontemporer seperti Syeikh Taqiyuddin an-Nabhani melengkapi pendapat ulama-ulama terdahulu, sehingga makna dan fungsinya tetap selaras.

"Ini juga yang dijelaskan oleh Dr. Mahmud al-Khalidi dalam kitabnya Qawaid Nizhamil Hukmi fil Islam ," pungkasnya.[]


Reporter: Achmad Mu'it dan Rasman

Posting Komentar

0 Komentar