TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Wali Songo adalah Pejuang Syariah dan Khilafah



TintaSiyasi.com-- Wali Songo adalah pejuang syariah dan pejuang khilafah. "Para Wali (Wali Songo) adalah pejuang syariah dan pejuang khilafah," tutur KH Abdul Karim Wulyo dalam acara Multaqa Ulama Aswaja Se Nusantara: Menatap Masa Depan Umat Pasca Pandemi Corona, Tinggalkan Sistem Kapitalisme, Komunisme Menuju Islam pada Ahad (30/08/2020) di kanal Youtube Multaqo Ulama Aswaja TV.

Menurutnya, bukti yang menunjukkan bahwa Wali Songo adalah pejuang Syariah dan Khilafah adalah lahirnya Kesultanan Demak di Jawa Tengah yang tidak lepas dari dakwah Wali Songo dalam bidang politik, pemerintahan dan kenegaraan.

"Buktinya para wali mengantarkan terbentuknya atau lahirnya Kesultanan Demak di Jawa Tengah," tambahnya.

Beliau menjelaskan, gelar Sultan Demak Sayyidin Panatagama yang artinya seorang pemimpin yang memiliki kewajiban untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan urusan agama dan Khalifatullah ing Tanah Jawi (wakil Khalifah di tanah Jawa) merupakan gelar yang disematkan Khalifah kepada Sultan Demak melalui perantara Wali Songo. Gelar-gelar yang disandang sultan-sultan di Nusantara berasal dari Khalifah Utsmani.

"Gelar yang disandang para Sultan diantaranya Sayyidin Panatagama Khalifatullah ing Tanah Jawi menunjukkan dakwah para wali mencakup bidang politik. Gelar yang disematkan Sultan itu merupakan gelar yang diberikan oleh kekuasaan yang lebih tinggi yakni Khilafah Utsmani yang saat itu berpusat di Turki. Hal itu tidak terlepas dari perantara para wali," pungkasnya.[]


Reporter: Achmad Mu'it


Posting Komentar

0 Komentar