Video Langka Ungkap Penyembelihan Kurban di Masa Khilafah Utsmani

Foto: Screenshot video akun Twitter @ottomanrecord

TintaSiyasi.com - Video langka ungkap prosesi penyembelihan hewan kurban di era Khilafah Utsmani diunggah oleh akun Twitter @ottomanrecord. 

Dalam video tersebut tampak Sultan Ottoman (Utsmani) sekaligus Khalifah Islam Mehmed V Reshad merayakan Idul Adha dengan para Pasha-nya (para pejabat militer tertinggi). 

 https://twitter.com/ottomanrecord/status/1288955693622493187?s=20


Sang Sultan yang tampak menyerahkan belati tajam untuk menyembelih domba jantan kepada putranya , Abdulmejid Effendi II.

Abdulmejid Effendi II kemudian diketahui menjadi Khalifah Islam terakhir Khilafah Utsmani. Video tersebut diperkirakan terjadi pada 11 Desember 1911. 

Akun tersebut juga mengunggah suasana hari raya kurban di Istanbul, Turki, pada 1900 yang kala itu menjadi ibu kota Kekhalifahan Islam Utsmaniyah (Ottoman).

https://twitter.com/ottomanrecord/status/1288956550279831554?s=20

Dalam sistem pemerintahan Islam jelas bahwa hari raya umat Islam menjadi perayaan yang sakral yang digelar oleh daulah khilafah. Hal tersebut tentunya dilakukan bukan hanya seremonial belaka, tapi dilakukan dalam wujud ketakwaan negara kepada syariat Islam.

Sebagaimana aturan di dalam Islam, hewan kurban yang telah disembelih selain dibagikan kepada rakyat, sebagian juga dijadikan cadangan makanan oleh daulah khilafah. Hal ini ditujukan supaya, daulah mempunyai stok cadangan makanan ke depan. 

Daging kurban yang melimpah di hari raya tidak serta merta dibagikan semua, sepertiga dari daging tersebut memang disimpan sebagai cadangan makanan. Dan akan dibagikan kepada umat di kemudian hari. Begitulah gambaran indahnya hari raya kurban di dalam sistem Islam.[]

Rep: Ika Mawar

Posting Komentar

1 Komentar