TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Turki Utsmani-Demak, Hubungan Saling Menopang Kekuasaan Politik dan Ekonomi

Foto: Facebook Kasori Mujahid

TINTASIYASI.COM -- Turki Utsmani-Demak memiliki hubungan yang saling menopang kekuasaan politik dan ekonomi. "Turki menjadi faktor strategis bagi Demak untuk menopang kekuasaan politik dan ekonominya agar kesultanannya menjadi setaraf dengan kerajaan Islam lainnya di dunia Islam," tulis Dr Kasori dalam abstrak disertasinya yang berjudul Di Bawah Panji Estergon: Hubungan Kekhilafahan Turki Utsmani dengan Kesultanan Demak pada Abad XV-XVI M, pada tahun 2020.

Menurut Doktor Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut hubungan Turki Utsmani-Demak adalah hubungan yang saling menguatkan, bukan menguasai atau mendominasi, "hubungan Turki Utsmani-Demak merupakan hubungan kerjasama yang setara dan untuk saling menguatkan, bukan untuk menguasai atau pun mendominasi," tulisnya.

Bahkan dalam penelitiannya ditemukan fakta hubungan tersebut tetap berlanjut pasca Demak runtuh, "banyak ditemukan fakta-fakta sejarah hubungan Turki-Jawa yang tetap berlanjut pasca Demak runtuh," pungkasnya.[] Dewi Srimurtiningsih

Posting Komentar

0 Komentar