TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Sejarawan Moeflich Hasbullah: Saya Mengajak Menonton Film Jejak Khilafah di Nusantara untuk Mengenal Sejarah Kita Sendiri

Foto: Moeflich Hasbullah, Sejarawan


TintaSiyasi.com-- Untuk lebih mengenal sejarah Islam di Nusantara, sejarawan Moeflich Hasbullah mengajak bangsa Indonesia khususnya umat Islam untuk menonton film Jejak Khilafah di Nusantara (JKdN).

"Bagi umat Islam, saya mengajak untuk menonton film itu, karena film itu bermanfaat untuk mengenal sejarah kita sendiri yang di antara topiknya adalah Khilafah di Nusantara," ujarnya pada lelaki yang sudah 26 tahun menjadi dosen Sejarah Peradaban Islam di Fakultas Adab UIN Sunan Gunung Djati Bandung tersebut kepada TintaSiyasi.com, Senin (17/08/2020).

Menurutnya, adanya hubungan Kekhilafahan Turki Utsmani dengan kerajaan-kerajaan dan kesultanan-kesultanan Islam di Nusantara adalah bagian dari sejarah Islam di Indonesia. "Menurut saya, bagi umat Islam itu perlu bahkan untuk mengenal sejarahnya malah menjadi wajib," tegasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa film ini bermanfaat untuk menghilangkan stigma yang tidak perlu, tidak produktif dan stigma yang keliru bahwa khilafah itu sesuatu yang baru dan asing. Khilafah tidak mengancam keindonesiaan.[]


Reporter: Achmad Mu'it

Posting Komentar

0 Komentar