TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Prof. Suteki: Persekusi Aktivis Pertanda bahwa Penegakan Hukum Kita belum Merdeka

Foto: Prof. Dr. Suteki SH. M.Hum.


TintaSiyasi.com-- Persekusi terhadap aktivis dakwah Islam oleh satu oknum ormas di Pasuruan Jawa Timur, mendapat tanggapan dari Pakar Hukum dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Prof.Dr. Suteki SH. M. Hum.

“Persekusi aktivis oleh ormas itu pertanda bahwa penegakan hukum kita belum merdeka karena proses penegakan hukum kita masih diinfiltrasi oleh pihak yang tidak berwenang,” tuturnya dalam sesi tanya jawab Diskusi Online Transisi "Merdeka Dibalut Kolonialisme Baru" yang diadakan Fakultas MIPA pada Universitas Indonesia, Jumat (21/8/2020) via zoom

Menurutnya, hanya pihak aparat penegak hukum yang boleh melakukan penahanan, pemaksaan, atau mengurangi kebebasan seseorang. Ormas dilarang untuk melakukan persekusi sesuai dengan Pasal 59 ayat 3 huruf d UU Ormas. 
 
Ia mengingatkan agar semua dijalankan sesuai prosedur hukum yang berlaku. Apabila ada ormas yang mempunyai dugaan pelanggaran hukum oleh pihak lainnya, maka tindakan yang diambil adalah melaporkan kepada pihak yang berwenang.  

"Bukan melakukan tindakan vandalisme atau main hakim sendiri  (eigenrichting). Ini negara hukum, bukan negara ormas," pungkasnya.

Reporter: Liza Burhan

Posting Komentar

0 Komentar