TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Pengamat Hubungan Internasional Ungkap Kontribusi Film Jejak Khilafah di Nusantara untuk Pemirsa

Foto: Budi Mulyana, Pengamat Hubungan Internasional


TintaSiyasi.com-- Pengamat Hubungan Internasional Budi Mulyana menilai film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara mampu memberikan informasi interelasi Nusantara dengan dunia internasional melalui khilafah Islam sehingga layak untuk ditonton. "Film ini akan memberi kontribusi bagi pemirsa khususnya di negeri ini untuk memahami bahwa negeri ini adalah negeri yang pernah mendunia, melalui peradaban Islam. Melalui Khilafah," bebernya pada TintaSiyasi.com (18/8/2020). 

Budi menjelaskan bahwa sejarah adalah salah satu unsur pembentuk kajian hubungan internasional. Maka, mempelajari sejarah dunia, menjadi kemestian dalam mendalami studi hubungan internasional. Lebih spesifik bila ingin mendalami kajian hubungan internasional di dunia Islam, maka mempelajari sejarah Islam di masa lalu menjadi suatu keniscayaan. 

"Khilafah, selain bagian dari ajaran Islam, juga merupakan sejarah kejayaan peradaban Islam. Bagaimana Islam menjadi adidaya dunia beberapa abad. Bagaimana Islam menjadi mercusuar peradaban dunia. Bagaimana Islam menghegemoni interaksi antar bangsa di masa lalu. Semua ada pada masa kekhilafahan Islam," pungkasnya.[]

Reporter: Achmad Mu'it

Posting Komentar

0 Komentar