JKdN: Ribuan Keping Dinar Dirham Ditemukan di Gampong Pande

Foto: screenshot film JKdN


TintaSiyasi.com-- Tidak kurang 6000 keping dinar dirham ditemukan di Gampong Pande Kecamatan Kutaraja Banda Aceh. "Kita melihat juga dari segi mata uang, banyak sekali dinar-dinar Turki Utsmani kita temukan di sini," beber Sekjen Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) Yoesry Ramly dalam tayangan ulang film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKdN), Ahad (23/8/2020) secara daring.

Pada tahun 2013 lalu, tidak kurang 6000 keping dinar dirham yang dicetak Khilafah Utsmani dan Kesultanan Aceh ditemukan di Gampong Pande. "Ada di (era) Sultan Sulaiman al-Qonuni kita temukan di sini kemudian (di era) Sultan Murad juga ditemukan di sini," ungkap Yoesry.

Sembari menampilkan video yang memperlihatkan sejumlah makam yang tak terurus, narator JKdN menyebutkan di kampung yang merupakan kawasan tertua di Aceh tersebut terdapat ribuan makam tokoh-tokoh Islam yang datang dari segala penjuru negeri kini nasibnya terhinakan oleh orang-orang yang melupakan sejarah besarnya. Tak tersentuh oleh peradaban modern yang durhaka pada sejarah Islamnya.

“Walaupun demikian, kenangan ini tak akan pernah hilang. Kenangan ini tak akan dilupakan oleh anak cucu mereka. Kenangan orang tua mereka, penguasa-penguasa kita dahulu yang shaleh pernah berbaiat pada Amirul Mukminin, Khalifahnya umat Rasulullah SAW,” pungkas narator JKdN.[]

Reporter: Achmad Muit

Posting Komentar

0 Komentar