+
YUK JOIN di TINTA INTENS 4

JKdN: Diduga Kuat Samudra Pasai Berbai'at pada Khalifah Abbasiyah

Foto: screenshot film JKdN


TintaSiyasi.com-- Ditemukan makam Bani Abbasiyah yang terkubur di Lhokseumawe Aceh, sejarawan Nicko Pandawa menduga kuat bahwa Samudera Pasai berbaiat kepada Khalifah Abbasiyah. 

"Di sini kita kita bisa menduga kuat, bahwasannya Samudera Pasai juga berbaiat kepada Khalifah Abbasiyah," bebernya dalam tayang ulang film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKdN), Ahad (23/8/2020).

Bahkan Wakil Ketua Center for Information Sumatra Pasai of Heritage (Cisah) Sukarna Putra menegaskan bahwa Samudera Pasai pada masa itu berbaiat kepada dinasti sebelum Utsmaniyyah berkuasa.

"Yaitu kita menduga dan meyakini hal tersebut sesuai fakta-fakta yang kita temukan di lapangan bahwa Madinatus Sumatera atau pun Jaziratul Jawi, Samudera Pasai itu berbaiat langsung kepada dinasti Abbasiyah," jelasnya.

Dalam film tersebut dijelaskan Samudera Pasai mengemban tugas dakwah ke daerah Asia Tenggara membawa cahaya Islam dan melenyapkan kekufuran. Salah satunya mengubah darul kufur menjadi darul Islam. Samudera Pasai banyak melakukan dakwah hingga penaklukkan di daerah Semenanjung Melayu dan Malaka.

"Seperti Ra-Ubabdar berasal dari dua kata artinya Sang Penguasa Gelombang. Ini adalah predikat yang sangat luas maknanya. Sesuai dengan masa yang ditorehkan pada waktu tersebut bahwa Sultan Zaynal Abidin Ra-Ubabdar bin Ahmad bin Ahmad bin Muhammad bin al-Malikhus Shalih ini adalah salah satu masa kegemilangan Samudera Pasai," pungkasnya.[]

Reporter: Ika Mawar


Posting Komentar

0 Komentar