TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Janif Zulfiqar: Hentikan Kasus Despianoor, karena Tidak Jelas Dakwaannya

Foto: Janif Zulfiqar (tengah). Sumber facebook Janif Zulfiqar


TintaSiyasi.com-- Janif Zulfikar Kuasa Hukum Despianoor menegaskan bahwa kasus Despianoor ini harus dihentikan. "Nasihat-nasihat juga kami sampaikan, bahwa ini persoalan yang harus dihentikan karena ini bukan persoalan hukum, ini sebenarnya persoalan politik", ujarnya kepada TintaSiyasi.com Jumat (28/8/2020).

Janif menjelaskan, awalnya Despianoor mendapat surat pemanggilan pada Selasa 2 juni 2020. Despianoor dipanggil atas dugaan ujaran kebencian karena postingannya di akun facebook.

Sidang kedua Despianoor digelar Rabu (26/8/2020) dengan agenda pembacaan eksepsi/nota keberatan oleh kuasa hukum. Dalam pembacaan eksepsinya kuasa hukum, mengatakan dakwaan terhadap kliennya obscuur libel (kabur).

"Berkenaan dengan maksud ketentuan Pasal 143 ayat (2) huruf b dan ayat (3) KUHAP, maka tututan pada Despiannoor dianggap tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap, karena Jaksa Penuntut Umum tidak menguraikan secara cermat, jelas dan lengkap tentang tindak pidana yang didakwakan,” ujarnya.

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa jaksa juga keliru menerapkan hukum ketentuan Pasal 154 dan 155 KUHP tentang dugaan penghinaan kepada presiden, karena aturan tersebut telah dinyatakan tidak berlaku oleh Makhamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, berdasarkan Putusan MK Nomor 06/PUU-V/2007, lantaran bertentangan dengan Pasal 28D dan 28E ayat 2 dan ayat 3 UUD 1945.

Atas pembacaan eksepsi itu, Janif berharap, segala tuntutan terhadap kliennya bisa batal secara hukum, dan Despianoor bisa bebas.[]

Reporter: Rasman

Posting Komentar

0 Komentar