Inilah Tujuh Teras Berita yang Dapat Digunakan dalam Tulisan



Lead (teras berita) atau paragraf pertama menjadi daya tarik pembaca untuk meneruskan membaca sebuah tulisan atau tidak. Tentunya, seorang penulis harus bisa membuat lead yang membuat pembaca penasaran dengan tulisan penulis. “Setidaknya, ada tujuh contoh lead yang dapat digunakan dalam menulis,” ungkap jurnalis Joko Prasetyo dalam Pelatihan Editor Season 2, yang diselenggarakan oleh Komunitas Muslimah Menulis (KMM) Depok, via Zoom, Ahad (8/08/2020) di Depok.



Menurutnya, inilah ketujuh teras berita yang dapat digunakan dalam tulisan adalah sebagai berikut:

Pertama, ringkasan. Seperti namanya, teras ini berupa ringkasan, sehingga pembaca langsung tahu maksud dan tujuannya sejak di awal paragraf. “Cocok ditulis bagi yang ingin menyampaikan pesan langsung pada pokok permasalahan baik dalam bentuk straight news maupun feature,” ungkap Om Joy, berikut sapaan akrabnya. 

Kedua, bercerita. Menggambarkan satu adegan tertentu saja ---suatu kejadian pada waktu tertentu dengan mendeskripsikan orang dan setting tempat tertentu secara detail. “Cocok ditulis bagi yang ingin menyampaikan kronologis kejadian,” ujarnya. 

Ketiga, deskriptif. Sekilas mirip dengan bercerita. Tapi bagi yang jeli dapat menangkap perbedaannya. Bila bercerita terikat dengan satu adegan, sedangkan deskriptif tidak boleh terikat dengan satu adegan. “Teras ini cocok bagi penulis yang ingin memberikan gambaran umum terkait subjek beritanya,” beber Om Joy di hadapan sekira dua puluh peserta. 

Keempat, pertanyaan. Seperti namanya, teras ini dimulai dengan kalimat tanya. Tujuannya, untuk menyambungkan informasi yang akan disampaikan dengan informasi yang ada di benak pembaca. 

Kelima, menuding. Dicirikan dengan menyebut (menuding) pembaca pada awal kalimat dengan menyebutkan kata ganti pembaca, misalnya, anda, kamu dan lainnya. Tujuannya sama dengan teras pertanyaan. Bentuknya bisa kalimat seru atau juga kalimat tanya. Bedanya dalam teras pertanyaan tidak menyinggung kata ganti pembaca.

Keenam, kutipan. Dicirikan dengan mengutip pernyataan subjek tulisan yang dianggap menarik atau pun penting. Teras ini serinh juga digunakan untuk menulis straight news. 

Ketujuh, gabungan. Kombinasi dari beberapa teras. “Tujuannya untuk menyatukan kekuatan masing masing teras yang disatukan,” pungkasnya. 

Dalam acara tersebut hadir pula beberapa tamu istimewa dari tim redaksi TintaSiyasi.com yang siap mempublikasikan tulisan peserta KMM yang layak muat. [] 

Rep: Siti Aisyah

Posting Komentar

0 Komentar