TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Pentingnya Khilafah Islam



Ajaran Islam dibawa oleh para Nabi dalam bentuk aturan hidup yang membawa solusi atas berbagai persoalan kehidupan yang ditimbulkan oleh hukum dan ideologi jahiliyah, yang saat itu diterapkan oleh kaumnya.

Penyematan sifat stigmatis terhadap Islam dan para pendakwahnya sungguh telah terjadi sejak zaman Rasulullah Saw. Hadirnya Islam dituduh oleh kaum jahiliyah akan mengancam sistem jahiliyah saat itu. 

Oleh kaum kafir Quraisy Rasulullah Saw. selalu difitnah dan digelari dengan bermacam sebutan negatif. Diantaranya, mereka mengatakan Rasulullah Saw. sebagai orang gila, dukun, penyihir, pemecah belah suku Quraish bahkan beliau hendak dibunuh. 

Maka, jika masih ada persekusi terhadap para pengemban dakwah dan ulama, itu artinya keturunan kaum jahiliyah masih ada. Namun dengan dakwah yang penuh hikmah dan argumentatif maka kaum jahiliyah banyak yang masuk Islam. Sebab dengan Islam, yang terancam saat itu hanyalah sistem hukum jahiliyah bukan masyarakat dan Mekkahnya.

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.
(QS. An-Nasr: 1-3)

Islam Menyatukan Madinah

Dengan diterapkannya Islam di Madinah justru menjadikannya semakin berkembang menjadi pusat peradaban Islam yang kemudian menyebar dan menaungi seluruh manusia dengan kemuliaan. Sebab segala sesuatu yang islami adalah baik bagi Allah Swt. dan membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia apapun suku, ras dan agamanya serta alam semesta. 

Itulah mengapa Alquran menegaskan bahwa Islam adalah rahmatan lil 'alamin. Islam maknanya adalah bersumber dari Alquran, Al hadis, ijma' dan qiyas.

Jika dikatakan khilafah itu islami maka maknanya ajaran khilafah itu bersumber dari 4 sumber hukum Islam tersebut. Islam yang universal menghubungkan dengan jelas akan kesatuan manusia di alam semesta antara seluruh penduduk dan masyarakat. Semua itu dalam satu lembah kebenaran, kebaikan dan kemuliaan. 

Lihatlah bagaimana daulah Madinah yang dipimpin Rasulullah Saw. justru menyatukan masyarakat Madinah. 

Karena Islami maka khilafah tidak mengancam Indonesia, yang justru mengancam Indonesia adalah kapitalisme, sekulerisme, demokrasi, liberalisme, komunisme dan pluralisme.

Oleh MUI paham sepilis telah difatwakan haram pada tahun 2005 yang lalu, buktinya negeri ini makin hari makin karut-marut di semua bidang kehidupan IPOLEKSOSBUDHAMKAM, terlebih di masa pandemi yang tidak jelas apakah Indonesia ini masuk gelombang 1,2 atau 3 lantaran pertimbangan ekonomi lebih didahulukan daripada nyawa rakyat sendiri. Kapabilitas seorang pemimpin benar-benar terlihat saat menangani wabah, yang terekam didalam fikiran rakyat cenderung berubah-ubah.

Saat ini negara Indonesia terancam krisis ekonomi, krisis pangan, krisis kesehatan,  dan lain sebagainya. Semua karena negeri ini bersedia mengadopsi demokrasi liberal-sekular dalam mengatur pemerintahan.

Pentingnya Daulah Islam

Ada 3 esensi khilafah  

Pertama,  penerapan syariah Islam secara kaffah di mana bidang ekonomi, pendidikan, budaya dan politik didasarkan oleh aturan syariah yang memberikan kebaikan dan keadilan bagi seluruh warga negara tidak memandang ras dan agama

Kedua, ukhuwah dan rahmat melalui kepemimpinan tunggal bagi seluruh kaum Muslimin di dunia dan akan memberikan perlindungan yang maksimal kepada setiap warga negara tanpa memandang suku, ras dan agama. Dan juga perlindungan bagi wilayah yang bersedia taat kepada Khalifah.

Ketiga, dakwah islam rahmatan lil 'alamin, artinya upaya penyebaran kebenaran Islam dalam rangka menyelamatkan manusia dari jalan kesesatan tanpa paksaan.

Oleh karena itu, Daulah Islamiyah yang Islami ini tidak akan menjadi ancaman bagi Indonesia, justru sebaliknya semua ajaran yang Islami akan memberikan kebaikan bagi negeri ini.

Hanya Sistem Islam yang Layak Memimpin Dunia

Sistem khilafah memang bukan pemerintahan demokrasi yang yang menjadikan kedaulatan ditangan rakyat . Sebab, dalam Islam sumber hukum bukanlah suara rakyat tetapi hukum syariat.

Khilafah merupakan sistem ketatanegaraan yang didasarkan pada ideologi yang shohih karena bersumber dari Wahyu yakni Allah Swt. Hal ini merupakan cerminan utama bahwa sistem ini adalah sistem yang terbaik dibandingkan dengan sistem buatan manusia seperti kapitalisme atau sosialisme.

Islam yang diterapkan oleh khilafah merupakan agama universal karena itu khilafah layak dan akan mampu menjadi solusi atas berbagai persoalan manusia tanpa melihat agama, suku atau warna kulitnya. Islam yang diterapkan oleh sistem khilafah bukan sebatas agama ritual. Ia juga memiliki pemecahan yang solutif atas berbagai persoalan manusia. Sistem khilafah memiliki perangkat mekanisme yang jelas untuk menyelesaikan persoalan manusia yaitu dengan ajaran Islam.

Kegagalan kapitalisme adalah nyata berbagai persoalan dunia saat ini seperti kemiskinan global, kesenjangan negara maju dan berkembang serta konflik dan perang adalah diantara hasil yang tampak ketika dunia dipimpin oleh ideologi kapitalisme. Disinilah kelayakan manusia apalagi umat Islam untuk kembali kepada sistem Islam.

Bagaimanapun barat dengan kekuatan negaranya yang dibangun atas dasar ideologi kapitalisme yang mengglobal, juga harus dilawan dengan kekuatan negara yang dibangun diatas ideologi yang juga mengglobal. Negara tersebut adalah Daulah Khilafah Islam.[]

Oleh Nabila Zidane
Forum Muslimah Peduli Generasi dan Peradaban

Posting Komentar

0 Komentar