TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Gugatan Rachmawati, Gerindra Sebut Jokowi Sah Menang Pilpres

Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman. Sumber Foto: google - Habiburokhman

TINTASIYASI.COM - Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan tidak ada relevansi antara permohonan uji materiil atau keberatan Rachmawati Sukarnoputri yang dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA) dengan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Menurutnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin tetap sah sebagai pemenang Pilpres tahun lalu.

"Jelas tidak ada relevansi Putusan MA Nomor 44 P/HUM/2019 dengan batalnya hasil Pilpres [2019]," kata sosok yang disapa Habib itu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/7).

Dia menerangkan, Pasal 6A Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam pemilu dengan minimal 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia dapat dilantik menjadi presiden dan wakil presiden.

Lalu, lanjutnya, KPU membuat regulasi turunan berupa Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu yang memuat aturan tambahan yang menyatakan bila terdapat dua paslon dalam Pilpres maka KPU bisa menetapkan paslon dengan perolehan suara terbanyak sebagai paslon terpilih.

Berangkat dari aturan-aturan itu, Habib berkata paslon Jokowi-Ma'ruf sah sebagai pemenang bila merujuk mekanisme pemilihan yang tertuang dalam UUD 1945. Menurutnya, paslon Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan suara 55,50 persen serta unggul di 21 provinsi dibandingkan paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sumber Berita:  https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200708100609-32-522165/gugatan-rachmawati-gerindra-sebut-jokowi-sah-menang-pilpres

Posting Komentar

0 Komentar