Tolak RUU HIP, Ratusan Massa PA 212 Gelar Aksi di Depan Gedung DPR

Massa aksi dari PA 212 saat melakukan penolakan RUU Haluan Indeologi Pancasila (HIP) di depan Gedung DPR, Rabu (24/6). (gunawan/JawaPos.com)


TINTASIYASI.COM – Massa dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengelar aksi di depan Gedung DPR, Rabu (24/6). Dalam orasi tuntutannya mereka medesak DPR untuk segera mencabut Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dari program legislasi nasional (Prolegnas).

“Kita menolak RUU yang mengganti Pancasila menjadi Ekasila,” kata orator dari mobil komando di Gerbang Utama Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/6).

Orator juga mendesak kepada seluruh fraksi di DPR berhenti melakukan pembahasan RUU HIP tersebut. Hal ini karena adanya RUU itu bisa mengancam Pancasila.

“Mendesak pimpinan dan seluruh fraksi-fraksi di DPR menghentikan pembahasannya menjadi UU,” ungkapnya.

Lebih lanjut orator itu mendesak aparat penegak hukum segera bertindak menegakkan hukum. Karena adanya RUU HIP ini diduga bertujuan untuk melakukan makar.

“Karena ada oknum-oknum pelaku makar terhadap Pancasila,” tuturnya dari mobil komando.

Pantauan di lapangan, mereka melakukan unjuk rasa dengan dibekali protokol kesehatan. Jumlahnya mencapai ratusan orang yang ikut aksi itu. Namun demikian mereka tidak menerapkan jaga jarak atau physical distancing.

Karena aksi itu, arus lalu lintas di depan Gedung DPR juga tersendat. Hal itu karena massa berkumpul di depan pintu gerbang gedung parlemen tersebut.‎ Petugas kepolisian tampak mengatur arus lalu lintas agar masa tidak menutup akses jalan raya. []

Sumber: https://www.jawapos.com/nasional/politik/24/06/2020/tolak-ruu-hip-ratusan-massa-pa-212-gelar-aksi-di-depan-gedung-dpr/
 

Posting Komentar

0 Komentar