TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Ribuan Reagen di Tulungagung Rusak, Pasien COVID-19 Akan PCR Ulang

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo (Foto: Adhar Muttaqien), sumber foto detik.com


TINTASIYASI.COM--Rusaknya ribuan reagen bantuan pemerintah pusat membuat Pemkab Tulungagung bertindak. Pemkab segera melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) ulang terhadap pasien COVID-19 dengan reagen yang baru.
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan pemeriksaan ulang itu diperlukan untuk memperkuat tingkat akurasi dari tes yang dilakukan sebelumnya. Pada pemeriksaan kedua, pihaknya akan memanfaatkan 500 reagen baru hasil pengadaan mandiri oleh RSUD dr Iskak.

"Dengan reagen yang baru semoga hasilnya yang dicapai akurat, pada saudara kita itu konfirmasi positif. Dan memang ini sudah waktunya untuk PCR yang kedua," kata Maryoto, Kamis (18/6/2020).

Menurut Maryoto, pemeriksaan ulang tersebut bukan berarti mengesampingkan atau meragukan hasil dari pengujian laboratorium pada tahap pertama, namun hal itu untuk menambah tingkat akurasi. Sebab reagen yang digunakan diproduksi oleh perusahaan yang berbeda.

"Biar mencapai suatu nilai yang akurat, kalau memang positif dipastikan sudah ditangani, kalau memang sudah negatif bisa kembali ke rumah," ujarnya.
Bupati mengaku sempat kaget dengan adanya lonjakan kasus COVID-19 di Tulungagung selama sepekan terakhir. Karena rata tambahan per hari mencapai puluhan kasus.

Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung, lonjakan kasus paparan virus Corona cukup signifikan. Tiga hari lalu meningkat 27 kasus, kemudian melonjak lagi 41 kasus dan tambahan berakhir 37 kasus, sehingga total warga yang positif Corona mencapai 212 orang.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung dr Kasil Rohmat, menyebut ribuan reagen bantuan pemerintah pusat diduga mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dari 4.000 reagen hanya 700-an reagen yang dalam kondisi baik.

"Awalnya kami tidak menduga kalau itu rusak, begitu dicoba pertama, ternyata hasilnya kok aneh. Kemudian pakai kontrol, lho kontrolnya saja yang netral hasilnya kok positif. Dari situ dipilah-pilah oleh tim rumah sakit yang dicurigai rusak. Dari 4.000 sample yang baik hanya sekitar 700-an," kata Kasil.
Untuk mengantisipasi kebutuhan reagen COVID-19, RSUD dr Iskak Tulungagung melakukan pembelian 500 reagen baru secara mandiri.[]

Sumber berita: https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-5059292/ribuan-reagen-di-tulungagung-rusak-pasien-covid-19-akan-pcr-ulang

Posting Komentar

0 Komentar