+
YUK JOIN di TINTA INTENS 4

Pemerintah Akan Gelar Lomba Turunkan Angka Penularan Covid-19 Antardaerah

sumber foto indopolitika.com


TINTASIYASI.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnivian mengatakan, pemerintah berencana menggelar lomba melandaikan kurva penularan Covid-19 untuk daerah.

Menurut Tito, lomba ini akan menitikberatkan penanganan daerah dalam menekan penyebaran Covid-19 di wiayah masing-masing.

"Kami diskusi tadi dengan kepala Gugus Tugas, menteri kesehatan, dan Kementerian keuangan. Mungkin kita akan membuat lomba lain, yaitu lomba pemerintah daerah untuk bisa melandaikan kurva, artinya menekan penyebaran Covid-19," ujar Tito dalam konferensi pers di Kantor Kemendagri, Senin (22/6/2020).

Menurut dia, dalam lomba ini, pemerintah daerah bisa melibatkan ahli kesehatan, termasuk ahli epidemiologi di daerah masing-masing sehingga daerah yang tadinya berstatus zona merah Covid-19 bisa menjadi kuning.

"Lalu kuning bisa menjadi hijau, merah bisa menjadi hijau, atau kuning. Nantinya akan ada sejumlah kriteria yang dinilai," kata Tito.

Menurut dia, Kemendagri masih merumuskan teknis lomba bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenkes, dan Kemenkeu.

Dalam hal ini, Kemenkeu akan mempersiapkan dana insentif bagi daerah yang nantinya memenangkan lomba.

Setelah itu, Kemendagri akan mengumumkan teknis pelaksanaan lomba, termasuk tahapan dan jadwalnya.

"Kita akan umumkan termasuk timeline-nya, berapa durasi waktu untuk melandaikan, apakah sebulan atau dua bulan mampu melandaikan kurva," ucap Tito.

"Kita harapkan dengan perlombaan ini ada iklim kompetitif antardaerah untuk mempersiapkan tata kehidupan baru yang produktif dan aman dari Covid-19. Agar saling berlomba menurunkan penyebaran, membuat warnanya bisa menjadi hijau tanpa memanipulasi data," kata dia.[]

Sumber berita: https://nasional.kompas.com/read/2020/06/22/14135911/pemerintah-akan-gelar-lomba-turunkan-angka-penularan-covid-19-antardaerah

Posting Komentar

0 Komentar