Hanya Syariah Islam yang Mampu Meniadakan Rasisme


Tagar #BlackLivesMatter membanjiri dunia medsos seiring dengan luapan protes yang dilakukan warga Amerika yang memenuhi gedung putih menuntut keadilan kematian salah satu warga kulit hitam disana. Kematian Floyd adalah potret buram diskriminasi warna kulit di Amerika. Mereka hidup dalam ketakutan dan rasa tidak aman.

Rasisme sangat tampak dalam kehidupan di sana, banyak ungkapan-ungkapan diskriminasi yang menyudutkan warga kulit hitam. Mislanya saja, jika orang kulit hitam membunuh kulit putih maka itu adalah pembunuhan. Tetapi jika yang terbunuh kulit hitam, itu adalah pembelaan diri kulit putih. Anak-anak kulit hitam juga merasakannya, mereka dianggap lemah dalam pelajaran sekolah.

Rasisme di negara sekuler seperti Amerika tidak akan pernah usai. Meskipun pernah memiliki presiden kulit hitam, ternyata tidak berpengaruh banyak pada isu rasisme ini. Hal ini karena pemahaman mereka yang sudah berabad-abad tentang perbedaan derajat antara kulit hitam dan putih. Kulit putih merasa kedudukannya lebih terhormat dibanding kulit hitam. 

Siapa pun yang berhati nurani pasti tidak setuju dengan rasisme, terbukti dengan banyaknya kulit putih yang masih memiliki nurani ikut berunjuk rasa. Rasisme harus dihilangkan dari muka bumi ini, namun kita tidak bisa berharap lagi kepada Amerika untuk menuntaskannya. Buktinya polisi yang terlibat dalam pembunuhan Floyd hanya diganjar 40 tahun penjara. Hal ini tidak akan pernah menghilangkan rasisme selamanya, hanya akan berulang tanpa akhir.

Jika merujuk pada sejarah, maka satu-satunya yang berhasil melenyapkan rasisme adalah Islam. Sejak diutusnya baginda Rasulullah SAW untuk mendakwahkan Islam, maka terhapuslah rasisme. Islam menyeru semua ummat manusia tidak terkecuali, baik berkulit hitam atau berkulit putih. Para pembesar Quraisy sampai budak kulit hitam diseru untuk masuk Islam oleh baginda. Tidak ada pengistimewaan untuk siapapun

Bahkan setelah masuk Islam pun, tidak ada diskriminasi di sana. Yang paling mulia adalah yang paling bertakwa kepada Allah. Allah berfirman: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13)

Rasisme akan lenyap seiring dengan diterapkannya Islam. Maka marilah kita tegakkan kembali agama ini dengan kaffah. Agar kebahagiaan orang-orang terdahulu bisa kembali kita rasakan saat ini. Saat dimana tidak ada perbedaan warna kulit, saat Islam tegak menjadi rahmat bagi seluruh alam. Wallahu A’lam.[]

Oleh: Aisyah Farha

Posting Komentar

0 Komentar