TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Cek Fakta: Puan Maharani Disebut Mengubah Pembukaan UUD 1945

sumber foto: cekfakta.com
Tangkapan layar sebuah media daring yang menampilkan foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani sedang berpidato membacakan teks pembukaan UUD 1945.

Tintasiyasi.com – Sebuah media daring yang menampilkan foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menuliskan judul provokatif dalam satu artikelnya, “Puan Maharani Tambahkan “Pro Rakyat” di Akhir Pembukaan UUD 45, Iwan Sumule: Ini Kejahatan Konstitusi!”

Klaim itu didasarkan atas suara yang terdengar dari mulut Puan dalam sebuah rekaman video yang menyerupai pelafalan ‘Pro Rakyat’.

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuruan, setelah dicermati lebih lanjut, ternyata suara ‘pro rakyat’ itu merupakan kesalahan audio akibat terjadi looping pada kalimat akhir yang diucapkan Puan. Kala itu Puan Maharani tampak menutup naskah pembukaan UUD 1945 dan suara menyerupai sepintas terdengar ‘Pro Rakyat’.

Suara ‘Pro Rakyat’ itu ternyata merupakan pengulangan dari pengucapan ‘seluruh rakyat Indonesia’ sementara yang terdengar adalah ‘ruh rakyat Indonesia’. Dalam video tersebut juga tampak tak ada gerak bibir dari Puan saat menutup map naskah UUD 1945.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesimpulan atas pemberitaan artikel dari media Ikizone.com adalah Keliru. Faktanya suara ‘Pro Rakyat’ yang diklaim diucapkan oleh Puan adalah merupakan kesalahan audio yang merupakan pengulangan dari kalimat ‘, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ pada akhir paragraf kalimat pembukaan UUD 1945.

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/4040

Ditayangkan kembali oleh https://www.vivanews.com/amp/viva-fakta/51153-cek-fakta-puan-maharani-disebut-mengubah-pembukaan-uud-1945

Posting Komentar

0 Komentar