TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Sejumlah Tenaga Kesehatan RS Unair Surabaya Positif Corona

Sumber foto: ayopurwakarta.com


TINTASIYASI.COM -- Sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR) maupun rapid test. 

Namun, belum diketahui jumlah pasti tenaga kesehatan yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Saya belum punya data banyak berapa yang positif itu, karena kita masih running pemeriksaan-pemeriksaan swab dan rapid test. Saya nyatakan memang ada yang positif," kata Juru Bicara Tim Satgas Corona RS Unair Surabaya Alfian Nur Rasyid, Minggu (24/5).

Alfian mengatakan tes terhadap para tenaga kesehatan di RS Unair tersebut sudah dilakukan selama dua pekan terkahir. Mereka yang dinyatakan positif saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di dormitory yang telah disediakan.

"Setelah kami pantau kondisi baik, ada yang diisolasi di rumah masing-masing. Belum tahu berapa yang ada di dormitory. Tapi ada. Kami rawat mereka dengan baik tidak dirujuk ke RS lain agar mereka merasa senang dirawat di RS sendiri," ujarnya. 

RS Unair, kata Alfian, akan terus berupaya optimal memulihkan kondisi tenaga kesehatan. Menurutnya, keberadaan tenaga kesehatan sangat dibutuhkan dalam menangani pasien, baik yang terkait Covid-19 atau tidak, di tengah pandemi virus corona.

"Apa bila nakes di RS ada yang terjangkit itu artinya jantung pertahanan untuk bisa merawat pasien sudah tembus. Dampaknya bisa berbahaya kepada nakesnya sendiri, kepada pasien. Itu akan mengurangi jumlah nakes yang akan melayani [pasien] RS," katanya.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 22.271 orang. Dari jumlah itu, 5.402 orang dinyatakan sembuh dan 1.372 orang lainnya meninggal dunia.

Berdasarkan data termutakhir nasional yang dirilis pemerintah per pukul 12.00 WIB, Minggu, kasus kumulatif positif di Jawa Timur mencapai 3.663, di mana 465 sembuh dan 283 meninggal.

Dibandingan kemarin, untuk penambahan hari ini, kasus positif mencapai 68 orang. Sementara itu pasien sembuh bertambah 39, dan yang meninggal ada 12. []

Sumber : https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200524163015-20-506502/sejumlah-tenaga-kesehatan-rs-unair-surabaya-positif-corona

Posting Komentar

0 Komentar