Pesan Prof Suteki di Penghujung Ramadhan: Honeste Vivere, Alterum Non Laedere, Suum Cuique Tribuere


Tintasiyasi.com -Di tengah pandemi corona kiprah UNIOL 4.0 Diponorogo tidak berhenti. Selain diskusi online yang digelar tertutup di dalam grup yang dikelola oleh Sekretaris Online Syam Purwaningsih, UNIOL 4.0 juga hadir menyelenggarakan diskusi terbuka via aplikasi Zoom.

Ke depan insya Allah UNIOL 4.0 akan semakin meningkatkan jangkauannya demi memberikan sumbangsih kepada kebangkitan umat yang hakiki, turut mencerdaskan, dan menjaga akal sehat masyarakat.

Pada hari Raya Ied Mubarok di tengah wabah pandemi Covid-19 Prof. Dr. Suteki S. H. M. Hum mengunggah status pada akun facebook Steven Suteki milik beliau. Berikut penuturan beliau:

Terimalah salam dari kami, UNIOL 4.0 DIPONOROGO:


"Happy Ied Mubarak 1441 H
Mohon Maaf Lahir dan Bathin"


Motto kami:
Honeste vivere
Alterum non laedere
Suum cuique tribuere

Saudaraku, yakinlah ini bukan "PRANK GREETING"..!


Mengutip dari tulisan Prof. Suteki tentang pesan motto Honeste vivere, Alterum non laedere, Suum cuique tribuere  adalah sebagai berikut,

"Tigaratus tahun sebelum Masehi, Ulpianus telah menancapkan tiga prinsip utama hukum alam, yakni honeste vivere (hiduplah dengan jujur), alterum non laedere (terhadap orang lain di sekitarmu janganlah merugikan), dan suum cuique tribuere (kepada orang lain berikanlah apa yang menjadi haknya).

Tiga prinsip dasar tersebut sebenarnya merupakan dasar sekalian moralitas manusia sehingga apabila ketiganya diposisikan sebagai perintah, maka perintah itu bersifat perintah yang tidak bisa ditawar-tawar oleh manusia (imperative chategories). 

Perintah itulah yang dapat memanusiakan manusia dan menjadikan warga maupun penegak hukum yang humanis. Jujur, tidak merugikan orang lain dan adil adalah sifat-sifat warga dan penegak hukum yang humanis tersebut."

Prof. Suteki pun memberikan ucapan menyambut hari kemenangan Ied Mubarok 1441 Hijriyah kepada seluruh mahasiswa online maupun warganet.

Selain itu, beliau selaku Amir UNIOL 4.0 memohon maaf apabila selama ini ada salah dan khilaf yang tak disengaja maupun disengaja.

Semoga umat Islam mendapatkan kemenangan hakiki yaitu dengan bertambahnya ketaqwaan di penghujung ramadhan dan menyambut Ied Mubarak sekalipun masih berada dalam duka wabah Covid-19. Aamiin.[]

Reporter: SM

Posting Komentar

0 Komentar