TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Pendapatan Sektor Transportasi Anjlok 50 Persen karena Corona

sumber foto: theconvertation.com


TINTASIYASI.COM-- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mencatat  pendapatan dunia usaha di sektor transportasi anjlok 25 persen-50 persen sejak virus corona menyebar di tanah air belakangan ini.  Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua sektor usaha transportasi untuk mengetahui lebih jauh penurunan pendapatan tersebut.

Dari hasil koordinasi tersebut ia mendapatkan laporan bahwa moda transportasi darat terdampak besar akibat wabah tersebut. Dampak terjadi karena pemerintah menerapkan sosialisasi masif kepada masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah demi menekan penyebaran virus tersebut. 

Selain itu, tekanan juga datang dari penutupan lokasi wisata. "Pelaku usaha sangat memahami tujuan dari kebijakan tersebut. Hanya saja, di saat bersamaan terjadi penurunan omzet angkutan jalan sejak dua bulan lalu," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (13/4).


Carmelita mengatakan jika kondisi tidak membaik, penurunan omzet bisa terus berlanjut. Ia bahkan mengatakan penurunan omzet bisa lebih parah pada enam bulan ke depan seiring perpanjangan masa darurat pandemi COVID-19 hingga 29 Mei 2020.

"Jika kondisi masih berlarut dan berkepanjangan maka diprediksi akan banyak pelaku usaha angkutan jalan yang akan gulung tikar," ujarnya.

Ia mengatakan agar dampak tersebut bisa berkarang, pelaku usaha sektor perhubungan berharap pemerintah menggelontorkan stimulus ekonomi untuk mereka. Stimulus yang diharapkan bisa berbentuk pembebasan atas kewajiban pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Pada kebijakan relaksasi pinjaman misalnya, pelaku usaha moda transportasi laut mengharapkan adanya penundaan pembayaran, penjadwalan ulang angsuran pinjam pembayaran pinjaman bank. Lain itu adanya diskon suku bunga pinjaman, pemberian modal kerja untuk membiayai A/R (account receivable) dan operasional perusahaan terutama dalam mengantisipasi THR, dan kemudahan persyaratan proses relaksasi pinjaman," katanya.[]

Sumber berita:https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20200413074954-92-492895/pendapatan-sektor-transportasi-anjlok-50-persen-karena-corona

Posting Komentar

0 Komentar