TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Gontor Buka Suara soal Santri Positif Corona

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

TINTASIYASI.COM -  Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor menyatakan salah satu santrinya yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, dinyatakan positif covid-19 berdasarkan rapid test atau tes cepat. Untuk memastikan status yang sebenarnya santri tersebut harus menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Satu santriwati yang terindikasi Covid-19 setelah dilakukan rapid test, tapi belum bisa dikatakan benar-benar positif karena masih ada tes lanjutan PCR di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang," ujar Ketua I PP IKPM Gontor Adib Fuadi melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (14/4).

Jika dari tes PCR hasilnya negatif, kata Adib, maka santri tersebut boleh pulang ke rumah dengan menjalani isolasi mandiri. Menurutnya, prosedur ini telah sesuai dengan protokol kesehatan dari gugus tugas pencegahan Covid-19 Sumsel.

Sementara itu pembimbing IKPM Gontor Cabang Sumsel, Rulius menyatakan, keberadaan santri yang positif terinfeksi Covid-19 itu berawal dari kepulangan tiga kloter santri perempuan atau santriwati di Palembang pada Senin (13/4).

Menurut Rulius, dari hasil pemeriksaan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang saat itu, semua santri dinyatakan sehat.

"Kecuali tiga orang dari Gontor Putri [Kloter] 5 dirujuk ke RS Siti Fatimah karena suhu badan 37 derajat untuk menjalani rapid test," katanya.

Rulius mengatakan rapid test atau tes cepat Covid-19 saat itu dilakukan dari pukul 17.00 sampai pukul 23.00 WIB. Dokter sempat menyatakan bahwa seluruh hasil tes santri tersebut negatif. Namun pihak rumah sakit kemudian mengumumkan ulang dan menyampaikan ada lima orang yang terindikasi covid-19.

"Setelah itu ada pengumuman lagi dari dokter yang berbeda bahwa ada satu yang terindikasi. Setelah itu semua harus diinapkan di rumah sehat gugus tugas," ucapnya.

Dari keterangan dokter, lanjut Rulius, satu santri yang positif itu harus menjalani tes swab untuk memastikan hasil positif atau negatif Covid-19. Hanya saja, hasilnya baru keluar lima hari lagi.

Sebelumnya, seorang santri Pondok Modern Gontor Jawa Timur yang baru dipulangkan ke Sumsel dinyatakan positif covid-19.

Tercatat ada 224 santri Gontor yang tiba di Sumsel kemarin. Sebanyak 158 datang melalui jalur darat dan 66 lainnya lewat jalur udara.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 171 santri menjalani rapid test. Sebanyak 11 dikarantina di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang.

Sedangkan seorang santri yang positif tes dirawat di RS Siti Fatimah Sumsel. Kemudian, 159 santri lainnya dipulangkan.[]

Sumber Berita: https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200414171540-20-493523/gontor-buka-suara-soal-santri-positif-corona

Posting Komentar

0 Komentar