TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

3.315 Pekerja Kena PHK Imbas Corona, Ini Langkah Pemprov Jatim

sumber foto: detikfinance.com

TINTASIYASI.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengatakan ada laporan terbaru menyebutkan sudah ada 3.315 pekerja di Jatim yang terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK dampak dari pandemi Corona Covid-19. Pemerintah Provinsi Jatim mengupayakan agar mereka masuk dalam program pra kerja.

Dengan program ini diharapkan bisa tercover sebagai penerima insentif dari Kementerian Tenaga Kerja.

"Kalau datanya sampai sekarang yang di-PHK sebanyak 3.315. Sedangkan yang dirumahkan sudah di angka 20 ribu (orang/pekerja)," kata Emil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis malam, 9 April 2020. 

Emil mengatakan, di luar data PHK dan pekerja yang dirumahkan, pihaknya mendata ada sekira 3,8 juta pekerja non agro terdampak Corona. 

"Kami masih terus mendata masyarakat terdampak sosial ekonomi Covid-19 yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial Kementerian Sosial (DTKS)," katanya.

Dia menuturkan, pendataan secara mendalam diperlukan agar tidak tumpang tindih dengan bantuan langsung tunai. Begitupun dengan bantuan pangan non tunai (BPNT) beserta perluasannya yang telah ditangani oleh Kementerian Sosial. 

Apalagi, lanjut Emil, dimungkinkan muncul rencana di tingkat kabupaten/kota untuk mengalokasikan dana desa kepada warganya yang terdampak Corona. 

"Badan Koordinasi Wilayah Jawa Timur saat ini sedang mendata kebijakan di tingkat kabupaten/ kota terkait rencana alokasi bantuan langsung tunai dari dana desa," ujarnya. 

Hal yang jelas, realisasi bantuan sosial non-DTKS untuk masyarakat terdampak Corona di Jatim akan dilaksanakan pada April ini sebelum Ramadan. 

"Dalam kondisi seperti ini kita bisa memastikan pendistribusian bisa secepat mungkin, karena masyarakat butuhnya memang di saat-saat seperti ini," kata Emil.[]

Sumber Berita: https://www.vivanews.com/bisnis/ekonomi/44691-3-315-pekerja-kena-phk-imbas-corona-ini-langkah-pemprov-jatim

Posting Komentar

0 Komentar