Runtuhnya Khilafah, Awal Mula Munculnya Problematika Umat

Pada tanggal 3 Maret 1924 yang bertepatan dengan 28 Rajab 1342 H adalah tanggal penting dalam perjalanan sejarah umat islam. Saat itu Khilafah Islamiyah resmi dibubarkan oleh seorang yahudi yang menjadi agen Inggris adikuasa, Mustafa Kemal Attaturk namanya.

Setelah Daulah Khilafah runtuh umat islam yang semula bersatu dibawah penerapan syariat islam secara penuh dg Al-Qur'an sebagai dasar negara, kini tercerai berai menjadi lebih dari 50 negara (nation state). Umat islam yang dahulu disegani dan dihormati saat ini tak lebih jadi bahan fitnah dan target kebencian umat lain . Umat tidak lagi memiliki institusi politik yang menyatukan umat islam di seluruh dunia. Umat hidup dibawah kepemimpinan asing, yakni sistem kapitalis liberal dimana sistem yg tidak berlandaskan syariat islam.

Runtuhnya Khilafah menjadi awal munculnya problem umat muslim hingga saat ini tidak mendapatkan solusi yang bersumber pada syariat. Akibat hukum-hukum syariat diabaikan bahkan direndahkan sebagai hukum yang tidak sesuai dengan zaman.

Betapa banyak kita lihat kasus yang terjadi di negeri ini akibat hukum syariat diabaikan, mulai dari maraknya perbuatan asusila, banyaknya rakyat yang hidup dibawah kemiskinan akibat dicabutnya berbagai subsidi dan harga-harga yang meroket, skandal korupsi yang semakin meningkat hingga hutang ribawi yang ditanggung negeri.

Kita juga bisa menyaksikan kehidupan umat islam diberbagai belahan dunia saat ini. Kondisinya sangat mengenaskan, bagaimana umat islam di Uighyur yang dibelenggu hingga tidak bisa melaksanakan ajaran agama dengan sempurna. Kemudian baru-baru ini saudara muslim kita di India dibantai hingga meregang nyawa akibat berjuang menolak UU anti muslim yang dikeluarkan oleh rezim India. Begitupun nasib-nasib umat islam di berbagai belahan dunia lain yg senasib . Sungguh umat islam mengalami keterpurukan diseluruh aspek kehidupan, tanpa adanya institusi yang melindungi mereka.

Maka sudah sepatutnya kita sebagai umat islam menyadari urgensitas keberadaan Khilafah. Sampai saat ini sudah 96 tahun umat islam hidup tanpa Khilafah. Tanpa Khilafah berbagai kewajiban dalam perkara muamalah, sosial, hukum, politik hingga negara tidak terlaksana. Akibatnya problem merajalela.

Maka sudah seharusnya seluruh umat islam berjuang menegakkan Khilafah. Menegakkan Khilafah adalah tanggung jawab dan kewajiban bagi setiap muslim diseluruh dunia. Melaksanakan kewajiban ini sama saja seperti melaksanakan kewajiban lain yang diperintahkan Allah SWT kepada kita.

Tegaknya Khilafah akan mengakhiri problem-problem negeri dan penindasan yang dilakukan para tiran. Khilafah akan melahirkan era baru yang penuh kedamaian bagi Dunia Islam karena Khilafah akan menggunakan seluruh sumber daya untuk melindungi kepentingan Umat. Wallahu'alam bishawwab.[]

Oleh : Nurul Afifah
(Ibu Rumah Tangga)

Posting Komentar

0 Komentar