SAHABATKU LAKSANA BINTANG-BINTANG


Catatan Ringan tentang Hadits "Shahabatku Laksana Bintang-Bintang"

Hadits yang dimaksud adalah, 
أصحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم

Ada yang bertanya status hadits tersebut di atas, bisa tidaknya berhujjah dengannya, dan bagaimana penisbatan kepada baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Hadits tersebut ada 6 jalur dari shahabat رضي الله عنهم. Keterampilan menemukan jalan-jalan hadits ini syarat utama dalam jam’u al-thuruq. Pahami semua jalurnya dan temukan madar (titik pusat peredaran) isnad dari setiap jalur tersebut. Jika perlu, buat syajaratul isnadnya. Maka kita akan dapat menemukan pemetaan jalur-jalur hadits tsb.

Penilaian para ulama terhadap hadits tersebut adalah dhaif, bahkan dhaif jiddan, hingga ada yang mendekati maudhu’ untuk beberapa jalurnya.

Penilaian tersebut dapat diwakili dengan kesimpulan akhir dari 3 orang ulama sbb:

1. الإمامَ أحمد بن حنبل: «لا يصحُّ هذا الحديث»
Lihat: 
«المتخب من علل الخلَّال» لابن قدامة (ص143)، و«المسودة في أصول الفقه» (ص326)، و«أصول الفقه» لابن مفلح (4/ 1454)

2. الحافظ البيهقي: «هذا حديثٌ متنه مشهورٌ، وأسانيده ضعيفةٌ، لم يثبت في هذا إسنادٌ»
Lihat:
«المدخل إلى السنن الكبرى» (ص163)

3. ابن الملقِّن: «هذا الحديث غريب، لم يروه أحد من أصحاب الكتب المعتمدة[136]، وله طرقٌ».
Lihat:
«البدر المنير» (9/ 584)

Mengapa mayoritas ulama hadits tidak berani menaikkan hadits dhaif tersebut menjadi shahih atau hasan dengan banyaknya jalan? Mari kita simak penuturan sbb:

«ليس كلُّ ضعفٍ في الحديث يزول بمجيئه من وجوه، بل ذلك يتفاوت»، وذكر أنَّ من الأحاديث ما لا ينجبر؛ «لقوة الضَّعف، وتقاعد هذا الجابر عن جبره ومقاومته، وذلك كالضَّعف الذي ينشأ من كون الراوي متَّهمًا بالكذب، أو كون الحديث شاذًّا، وهذه جملة تفاصيلها تدرك بالمباشرة والبحث، فاعلم ذلك فإنَّه من النفائس العزيزة، والله أعلم»
Lihat:
«مقدمة ابن الصَّلاح» (ص34)

Apakah matan hadits tersebut dengan sendirinya tertolak?

Ada kalangan ulama yang secara keras menolak matannya, diantaranya adalah diwakili oleh:

1. البزَّار: «والكلام أيضًا منكرٌ عن النبي صلى الله عليه وسلم»
Lihat: «جامع بيان العلم وفضله» (2/ 923)

2. ابن عديٍّ: «هذا منكر المتن»
Lihat:
«الكامل» (4/ 151)

Kalangan ulama yang menolak matannya bisa kita lihat dalam kitab:

 «الإحكام في أصول الأحكام» لابن حزم (6/ 83)

Namun jangan salah, ada ulama yang menerima matannya meski sanadnya dhaif, diantaranya:

1. الإمام أحمد بن حنبل ، قال القاضي أبو يعلى الفرَّاء : «قد احتجَّ به أحمد رحمه الله، واعتمد عليه في فضائل الصحابة»
Lihat:
«العدَّة في أصول الفقه» (4/ 1108)

2. الحافظ الإمام عثمان بن سعيد الدَّارمي ، قال العلائي: «في كلام عثمان بن سعيد الدارمي ما يقتضي تقويته، ولكنَّ الاعتمادَ على أسانيده وهي واهية كلها كما بيَّنا، مع نصِّ جماعةٍ من الأئمة على أنَّه لم يثبت منها شيءٌ»
Lihat:
«إجمال الإصابة في أقوال الصحابة» (ص60)

3.  ابن مفلحٍ: «ومن العجب أن عثمان بن سعيد الدارمي صحَّحهُ في "الرد على الجهمية
Lihat:
«الفروع» (11/ 104)

4. ابن كثير: «وقد يُفهَمُ من كلام عثمان بن سعيد الدارمي في أول كتابه "الرد على الجهمية" تقويته»
Lihat:
«تحفة الطاَّلب» (ص141)

5. بدر الدِّين الزَّركشي: «قلت: لكن يتقوَّى طرقه بعضها ببعضٍ، لا سيَّما وقد احتجَّ به الإمام أحمد، واعتمد عليه في فضائل الصَّحابة»
Lihat:
«المعتبر في تخريج أحاديث المنهاج والمختصر» (ص84)

Jadi bagi yang biasa berinteraksi dengan dunia hadits tidak asing dengan istilah: “sanadnya dhaif, namun matannya hasan (maqbul).” 

Oleh karena itu, boleh menyandarkan hadits tersebut kepada Nabi صلى الله عليه وسلم karena bukan hadits palsu. Hadits dhaif itu mengandung kemungkinan (ihtimal) dari Nabi, meski tidak boleh diyakini.  Makanya para ulama tidak segan menyebutkan قال رسول الله. 

Jadi apa sebenarnya makna hasan itu?

Istilah hasan itu tidaklah sederhana. Hasan menurut ulama era mutaqaddimin dengan ulama muta'akhirin berbeda. Lihatlah istilah hasan menurut al-Khatthabi, menurut al-Tirmidzi, hingga Ibnu Hajar al-Asqalani yang menjadi pakem ilmu hadits muta'akhirin. 

Hadits-hadits yang digunakan oleh para fuqaha mujtahidin kemudian dianggap sebagai hasan, bukanlah barang baru. Jadi jangan kaget.

Dikalangan ulama hadits ada ulama besar seperti al-Khatthabi dan al-Tirmidzi. Imam al-Tirmidzi misalnya, apa yang beliau sebut hasan sebenarnya adalah hadits dhaif ringan namun memiliki banyak jalan. 

Dalam kitab Syuruth A'imah al-Sittah hlm. 92-93 disebutkan syarat keempat Imam al-Tirmidzi adalah, 

وقسم رابع أبان هو عنه ، فقال : ما أخرجت في كتابي إلاً حديثاً قد عمل به بعض الفقهاء. وهذا شرط واسع ، فإن على هذا الأصل : كل حديث احتج به محتج أو عمل بموجبه عامل أخرجه سواء صح طريقه أو لم يصح ، وقد أزاح عن نفسه الكلام ، فإنه شفى في تصنيفه ، وتكلم على كل حديث بما يقتضيه. 
Lihat:
«شروط الأئمة الستة» (92-93)

Lebih jelas al-Khatthabi  mendefinisikan hadits hasan sebagai,

هو ما غرف مخرجه ، واشتهر رجاله ، وعليه مدار أكثر الحديث ، وهو الذي يقبله أكثر العلماء ، ويستعمله عامة الفقهاء. 
Lihat:
«معالم السنن» (1/ 11)

Adapun di kalangan fuqaha, manhaj mereka berbeda dengan ahli hadits. Bagi para fuqaha, jika sebuah hadits diterima oleh sebagian ulama, maka sah dijadikan sebagai hujjah. 

Isti'nas dalam kitab fiqih

Tentang hadits "أصحابي كالنجوم" banyak digunakan oleh para ulama fiqih. Mereka memuat hadits tersebut hanya sebagai isti'nas, bukan sebagai pokok hujjah. Perkara seperti ini banyak terdapat dalam kitab-kitab para ulama. Ada yang haditsnya dhaif bahkan sangat dhaif. Mengapa? Karena memang ditopang oleh al-Quran dan hadits shahih. 

Cermat membaca kitab

Penanya berangkat dari salah satu kitab al-Syakhshiyyah al-Islamiyyah karya syaikh Taqiyyuddin an-Nabhani. Tentu saja kita harus memosisikan dulu, itu kitab apa? Jangan memosisikan sebagai kitab takhrij yang ditulis oleh seorang muhaddits. Karya beliau adalah kitab fiqih, maka gaya penulisannya adalah dengan model penulisan para fuqaha. Bagi para fuqaha, sah berhujjah dengan hadits yang telah diterima (maqbul) oleh sebagian ahli hadits. Atau cukup berhujjah dengan hadits yang dijadikan dalil oleh para fuqaha mujtahidin yang muktabar dalam periwayatan hadits (kitab fiqih mutaqaddimin yang memuat sanad haditsnya seperti Al-Umm). Karena ketika Imam al-Syafi’I berdalil dengan sebuah hadits dalam kitab fiqihnya, beliau telah menerima kehujjahannya. Dimana kapasitas beliau adalah sebagai ahli hadits juga. Atau kitab fuqaha mujtahidin yang muktabar lainnya. Jadi ketika dikatakan hasan karena hadits tersebut diterima oleh para fuqaha yang muktabar, maka maknanya bisa jadi adalah hasan secara matan. Wallahu a’lam. 

oleh: Ust. Yuana Ryan Tresna
===
> https://t.me/yuanaryantresna/
> https://fb.com/yuanaryantID/
> https://instagram.com/yuanaryantresna/

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulillah. T.kasih Ust. "Sahabatku umpama bintang.." Hadis sanad dhaif, matan hadis Hasan. Alhamdulillah..Bintang sekarang umpama Khalifah Rasulullah..mengangkat penyakit hati (syirik).

    BalasHapus